'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Babad Kekukuhan Keluarga Kampung Sawah, Marunda, Kalibaru
05 Oktober 2020 18:00 WIB | dibaca 282
 
 
JAKARTA UTARA - Terpilihnya Kampung Sawah, Marunda, dan Kalibaru sebagai wilayah untuk pelaksanaan Program Keluarga dan Komunitas Lenting 'Aisyiyah, yang diprakarsai oleh Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana PP 'Aisyiyah bersama The Asia Foundation, membuat sebutan lenting-tangguh-kukuh secara tersirat dan tersurat melekat pada masyarakat di wilayah tersebut. Inilah awal babad-cerita-sejarah dimulai.
 
Awal Oktober ini, program tersebut akan berakhir. Ada rasa bangga dari kami, Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Jakarta Utara yang mewakili PW Aisyiyah DKI Jakarta untuk melaksanakan Program Kelentingan tersebut. Alhamdulillah, pada akhirnya kami yang termasuk dalam Team Area Manager 5 ini dapat menyelesaikan seluruh tahapan program kegiatan dari mulai awal persiapan, persiapan, awal  pelaksanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi awal dan akhir, yang tentunya dilakukan dengan berkoordinasi, berkolaborasi, kerja sama, sinkronisasi, mediasi, negosiasi, finalisasi di dalam tim maupun diluar tim.
 
Melalui tulisan bebas ini kami antara lain telah melaksanakan rangkaian tugas-kewajiban-penyusunan laporan administrasi, keuangan, media.  Kegaitan yang telah kami laksanakan antara lain: koordinasi dalam team area 5 (PDA Jakarta Utara), program kegiatan melalui Zoom Meeting (25/7); survey lokasi (Kampung Sawah), penyerahan KIT (29/7); lanjutan koordinasi team untuk pelaksanaan program (edukasi keluarga lenting dan edukasi hidup sehat) melalui Zoom Meeting (29/7); Edukasi Hidup Sehat selama Pandemi, oleh Dir Yandik RSIJ Sukapura (1/8); survey tempat di wilayah Marunda dan penyerahan KIT (1/8); penyuluhan budi daya ikan lele dan sayuran sekaligus penyerahan bibitnya di Kampung Sawah (2/8); penyuluhan budi daya ikan lele dan sayuran sekaligus penyerahan bibitnya di Marunda (6/8); edukasi keluarga lenting, hidup sehat selama pandemi dan penyuluhan budi daya ikan lele dan sayuran, sekaligus penyerahan bibit di Kalibaru (8/8); Monitoring dan Evaluasi Awal di Marunda (15/8); Zoom Meeting bekerjasama dengan RSIJ Sukapura, Hidup Sehat selama Masa Pandemi-19 (yang ke-2) (16/8); Monitoring dan Evaluasi Awal di Kampung Sawah (20/8); Monitoring dan Evaluasi Awal di Kalibaru (21/8); Koordinasi dengan Sudin Perikanan dan Pertanian, bantuan bibit ikan dan sayuran, (31/8); Monitoring dan Evaluasi Akhir di Kampung Sawah (12/9); Monitoring dan Evaluasi Akhir, di Kalibaru (12/9); Monitoring dan Evaluasi Akhir di Marunda (12/9).
 
 
Di akhir program ini, ada pesan dari Program Advisor, penjelasan tentang tindak lanjut. "Kita gunakan ABCD, Asset Based Community Development, sesuatu kegiatan yang tidak dilihat dari problematika, tapi dilihat dari aset. Kita tidak mulai dari problematika. Kita berangkat dari aset based/potensi kita," demikian pesan Hening Parlan, Program Advisor. (Nurhayati/PDA Jakarta Utara, Muhammadiyah Senior Care MSC RSIJ Sukapura)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari