'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Budidaya Lele sebagai Ketahanan Pangan Keluarga di Pinggiran Sungai Kapuas, Tarik Minat PDA dan PCA se-Kota Pontianak
01 Oktober 2020 20:44 WIB | dibaca 287

 

PONTIANAK - Jum’at (4/9),  25 orang  yang berasal dari Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) dan Pimpinan Cabang 'Aisyiyah (PCA) se-Kota Pontianak menghadiri pelatihan yang diselenggarakan  oleh Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Pimpnan Wilayah 'Aisyiyah (LLHPB PWA) Kalimantan Barat dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan keluarga terdampak Covid 19 di bantaran Sungai Kapuas. Kegiatan pelatihan ini merupakan gelombang ke-3 dari kegiatan pelatihan budidaya ikan air tawar (lele) dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan keluarga terdampak Covid-19 oleh LLHPB PWA Kalbar.

Bapak Mawardi, S.Pi sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut, sangat detail dan terperinci dalam penghitungan kebutuhan serta tata cara untuk melakukan budi daya ikan lele. Beliau juga menjelaskan macam-macam budidaya yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya budikdamber (budidaya ikan dalam ember) yang saat ini sedang viral dan banyak dilakukan oleh masyarakat yang memiliki lahan sempit.

Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Pontianak Hj. Hasyima menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini akan membawa dampak yang luar biasa dalam rangka menggerakkan cabang di Kota Pontianak yang lama tertidur. Kegiatan ini akan membangunkan kami dari keterlenaan, agar PDA serta PCA dapat berkontribusi dalam meningkatkan ketahanan pangan masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah kerja kami masing-masing. Harapannya kegiatan ini dilanjutkan dan mendapatkan bantuan dana yang cukup sehingga dapat mengembangkan program ini."

Salah satu peserta dari Pimpinan Cabang Pontianak Barat sangat tertarik dalam budi daya ikan air tawar dengan metode menggunakan ember ini. Ia ingin mengajak masyarakat di wilayah kerjanya untuk bersama-sama melakukan budikdamber, agar dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga terdampak Covid-19 di wilayahnya, dikarenakan banyaknya pengangguran di wilayah kerja PCA Pontianak Barat yang diakibatkan oleh PHK saat Covid-19. (LLHPB PWA Kalbar)  

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari