'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Budikdamber Kreativitas Gugus Tugas Katavid PDA Jepara
10 Mei 2020 14:46 WIB | dibaca 149

Budikdamber Kreativitas Gugus Tugas Katavid PDA Jepara

Oleh Endah Wahyuningsih (Kabid 7 Katavid PDA Jepara)

Pdpmjepara.org - Budidaya ikan lele dan menamam Sayur kangkung dengan media tanam dalam 1 ember plastik menjdi inovasi Aisyiyah di masa wabah Covid 19. Penanaman dan perternakan dalam media ember plastik ini adalah salah satu cara penanaman dan berternak yang mudah dilakukan di rumah karena minimnya pekarangan rumah.

Media tanam yang dilakukan tidak harus Sayur kangkung, bayam juga bisa tetapi disini yang di tanaman yaitu Sayur kangkung. Di tengah- tengah masa wabah covid 19 sekarang ini yang belum diketahui sampai kapan akan berakhir dan mengharuskan untuk tetap stay at home dan tidak berkerumunan menjadikan banyak waktu di rumah.

Waktu yang di rumah terlalu panjang menjadikan suasana jenuh dan Sumber Daya Alam ( SDM ) menurun. Seperti yang dilakukan oleh salah satu anggota Aisyiyah Dwi Hidayatsih yang bertempat tinggal desa tahunan RT 2/ RW 1 Ide ini muncul karena banyaknya waktu luang selama stay at home, dengan membuat ternak lele dan menaman sayur.

Selain suatu kegiatan yang positif dan bermanfaat juga kegitan peningkatan SDM selama wabah covid 19, kenapa bisa dikatakan seperti itu ? Sebab dalam berternak lele dan penanaman sayur nantinya bisa dijual sehingga menghasilkan uang untuk kehidupan sehari-hari ” Ujarnya. Dalam pembuatan perternakan lele dan menanam Sayur dalam media 1 tanam ember plastik caranya mudah:
– Pertama siapakn alat-alat terlebih dahulu seperti ember plastik, gelas plastik, solder untuk melubangi dan tali rafia, jangan lupa siapakn bibit lele dan kangkung, setelah siapakn ember yang diberi air Lalu masukkan lele yang tadi sudah disiapkan setelah itu kita lubangi gelas plastik tersebut dengan menggunakan solder. Dalam proses melubangi tidak hanya bagian samping yang akan di tali menggunakan rafia tetapi lubangi kecil-kecil bagian bawah gelas aqua untuk proses pembuangan air pada penanaman kangkung.

Setelah itu diberi tali dan dirangkai dengan tali rafia dan diikatkan diatas dalam ember pada sekelilingnya. Setelah itu masukkan batu ke dalam gelas aqua gelas tersebut dan masukkan bibit kangkungnya ke dalam gelas plastik tersebut.

“Hikmah dalam situasi pandemi terutama dampak covid 19 adalah banyak sekali diantaranya ide yang sudah saya praktekan saat ini”pungkasnya.

Jepara, 8 Mei 2020

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari