'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Gerakan Filantropi Pembuatan Warung Hidup Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Surakarta
10 Mei 2020 14:45 WIB | dibaca 220
Warung Hidup
Penulis :
Anindita Rahma Firdausya
Tim IT Katavid PDA Kota Surakarta
 
Pemutusan rantai penyebaran virus covid-19 memang harus dilakukan oleh semua pihak.  Walaupun memiliki keterbatasan untuk bergerak namun berbagai macam ikhtiar tetap dilakukan dalam upaya pemutusan rantai penyebaran virus tersebut. Semangat untuk ber fastabiqul khoirot juga perlu digelorakan guna membantu masyarakat yang terdampak. Hal ini seperti yang dilakukan oleh PD Aisyiyah Kota Surakarta berupa pembuatan program kegiatan Warung Hidup. 
 
Dalam suasana Work From Home, Ibu-ibu Aisyiyah berinisiatif untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Hal ini diwujudkan dalam kegiatan pembuatan Warung Hidup. Sasaran utama kegiatan ini adalah untuk mengurangi kegiatan ibu-ibu keluar rumah, seperti ke pasar dll tanpa menghambat kewajiban penyediaan makanan untuk kelurga. 
 
Kegiatan Warung Hidup ini diwujudkan dalam bentuk penanaman bibit sayuran bagi keluarga Aisyiyah. Kegiatan ini telah dilakukan pada 22 April 2020 sebelum Bulan puasa Ramadhan. Bibit sayuran tersebut diserahkan oleh Tim KATAVID PDA Surakarta yang diinisiasi oleh LLHPB Kota Surakarta kepada Pimpinan Cabang Aisyiyah se-Kota Surakarta. Untuk kemudian diserahkan kepada Pimpinan Ranting Aisyiyah pada setiap cabang.
 
Sebagai pionir, penanaman bibit tersebut telah dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang Aisyiyah Kota Bengawan melalui Pimpinan Ranting Aisyiyah yang ada di Cabang Kota Bengawan. Adapun bibit yang dibagikan antara lain cabai, terong, sereh, dan pepaya. Dalam upaya menjaga lingkungan hidup, penanaman bibit sayuran tersebut dilakukan ada di pot, kaleng bekas, ember bekas. Hal ini juga untuk memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah. Selain itu, penanaman juga dilakukan di halaman rumah atau ruang terbuka yang kosong. Sayuran dipilih karena tanaman ini mudah hidup dan dirawat sehingga dapat langsung dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan akan sayuran bagi keluarga Aisyiyah sehari-hari.
 
Surakarta, 10 Mei 2020
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari