'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
GERAKAN PEMBUATAN MASKER KAIN SECARA MANDIRI
07 April 2020 14:35 WIB | dibaca 177
Praktek pembuatan masker

Oleh: Deny Ana I’tikafia
Ketua LLHPB PD Aisyiyah Jepara

Jepara - Pemerintah Republik Indonesia mulai ahad (5/4/2020) menghimbau semua warga Indonesia harus menggunakan masker. Hal ini perlu diterapkan mengikuti rekomendasi dunia dari WHO yang menganjurkan bahwa penggunaan masker meski tidak sedang sakit dan masker kain lebih disarankan.Selang sehari kemudian, Gubernur Jakarta menginstruksikan pada semua warganya yang bepergian terutama yang memakai angkutan umum diwajibkan memakai masker.

Menurut jubir pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa mulai hari ini, sesuai rekomendasi dari WHO, kita jalankan masker untuk semua. Diutamakan masker bedah dan masker N95 hanya untuk tenaga medis, untuk keseharian lebih disarankan pakai masker kain. Saran ini terkait dengan adanya beberapa kasus infeksi virus corona covid-19 tanpa gejala yang juga menjadi sumber penyebaran penyakit. Oleh karena itu dianjurkan untuk semua pakai masker saat keluar rumah.

Perawatan masker kain disarankan untuk tidak memakainya lebih dari 4 jam, setelah digunakan masker di cuci dengan cara di rendam air sabun kemudian di kucek memakai tangan dan dibilas pada air mengalir, dijemur setelah kering selanjutnya di setrika dan siap untuk dipergunakan.

Untuk menerapkan aturan tersebut maka salah satu program dari bidang kemasyarakatan devisi katavid (keluarga tangguh covid) antara lain pembuatan APD (Alat Pelindung Diri) masker dari kain.

Pembuatan masker dari kain tanpa memakai mesin jahit alias menjahit manual pakai tangan, sebetulnya sangat mudah membuatnya, hanya membutuhkan ketelatenan saja. Selain itu juga lebih hemat ekonomi dengan membuat sendiri.

Bagi yang mempunyai hobbi menjahit dan berbisnis, dapat segera membaca peluang ini untuk dijadikan ladang usaha, bagus juga untuk menambah income penghasilan rumah tangga.

Di era milenial ini, IT sangat begitu canggih, sehingga tutorial tentang langkah-langkah pembuatan masker bisa didapatkan lewat google. sehingga memudahkan dalam pembuatan masker dari kain.

Sampai saat ini aturan pemerintah dalam menanggulangi wabah covid-19 dengan perlakuan sosial distancing (jaga jarak) sehingga upaya komunikasi tetap diusahakan berjalan, dengan menggunakan media massa, agar kegiatan tetap lancar.

Mari teman-teman semua, ayo kerahkan semua potensi positifmu, untuk berkarya, tidak hanya berpangku tangan menerima informasi saja.Bangkit untuk membuat ide-ide kreatif dan berdaya guna.

Apd (Alat Pelindung Diri) berupa masker kain sangat dibutuhkan oleh semua orang sehat, bagi yang sedang melakukan perjalanan serta berinteraksi dengan banyak orang.Niatkan diri untuk membuat masker dari kain untuk diri sendiri dan keluargaa pada khususnya.
Jika ada rejeki longgar yang memungkinkan untuk bisa didonasikan pada tetangga terdekat, sanak saudara, handai taulan yang pasti banyak membutuhkan uluran tangan dari kita.

Fastabiqul khoirot.
Berusaha berbondong bondong menuju kebajikan.
Semoga Allah swt selalu meringankan niat dan langkah kita .

Jepara, 7 April 2020

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari