'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Ketika Kader Aisyiyah Manfaatkan Media Hidroponik Dan Ternak Bebek Di Saat Wabah Covid -19
13 Mei 2020 14:55 WIB | dibaca 178

Ketika Kader Aisyiyah Manfaatkan Media Hidroponik Dan Ternak Bebek Di Saat Wabah Covid -19

Oleh Endah Wahyuningsih (Kabid 7 Katavid PDA Jepara)

PdpmJepara.org - Hidroponik adalah budidaya menanam dgn memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Slada dan Sawi merupakan sayur – sayuran yang mempunyai banyak manfaat.

Di antara manfaat dari Daun selada adalah sumber vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi, selada juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat. Sedangkan Sawi memiliki manfaat untuk kesehatan diantaranya mencegah penyakit kangker, mencegah penyakit diabetes, mengontrol kadar kolestrol, dan menyehatkan tulang.

Shofiah Anggota Aisyiyah Blimbingrejo Rt 02 Rw 03 Nalumsari, setiap hari kiprah di pekarangan belakang rumah.

Dengan melakukan kegiatan bertanam Sawi dan Slada selama pandemi Covid 19 untuk mengisi waktu luangnya selama Stay At Home. Kegiatan ini di bantu oleh keluarga terutama suaminya Muhlison.

Selain bisa dikonsumsi untuk sehari – harinya juga bisa dijual dan menghasilkan uang untuk kebutuhan sehari – hari dalam meningkatkan perkonomian yang menurun selama pandemi convid 19″ Ujarnya.

Selain berkebun dengan media hidroponik, Shofiah juga beternak itik Manila atau yang biasa di Jepara disebut enthog. Jenis unggas yang cukup tahan terhadap penyakit, dengan produktivitas daging yang cukup baik. Unggas jenis ini daging olahannya hampir mirip kambing cukup digemari masyarakat.

Jangan putus Asa dan jangan jenuh dalam situasi pandemi covid 19, memulai aktivitas yang positif dan menghasilkan seperti ini sudah biasa ditekuni sebelum pandemi.” Tegasnya. 

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari