'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Lewat Webinar, LLHPB PWA Riau Bangun Kesadaran Lingkungan Melalui Pohon
14 November 2021 12:13 WIB | dibaca 46
 
 
PEKANBARU, llhpb.aisyiyah.or.id - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (LLHPB PWA) Riau telah menggelar webinar secara daring dengan tema "Program Penanaman Pohon dan Sayur dengan Pola Asuh; Kesadaran Lingkungan melalui Pohon" pada hari Selasa (9/11) dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada 28 November nantinya. 
 
Antusias peserta sangat tinggi dalam mengikuti webinar yang diselenggarakan melalui Zoom Cloud Meeting tersebut, sementara kapasitas Zoom hanya dapat menampung 100 partisipan. Sehingga, peserta yang hendak bergabung tidak dapat masuk dan harus mengikuti melalui YouTube. Diperkirakan peserta webinar ini mencapai 200 orang.
 
Webinar kali ini menghadirkan Hening Purwati Parlan yang merupakan Ketua Divisi Lingkungan Hidup LLHPB Pimpinan Pusat 'Aisyiyah sebagai narasumber. Acara ini dibuka oleh Dr. Wirdati Irma, S.Pd., M.Si. selaku pemantik. Beliau menyampaikan bahwa webinar yang dilakukan secara daring ini akan memberikan pengetahuan bagaimana pentingnya penanaman pohon dan sayur dengan pola asuh di masa pandemi COVID-19.
 
Selain Dr. Wirdati Irma, webinar ini juga menghadirkan Dra.Hj. Sariyah, MM selaku Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Riau. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa kegiatan webinar ini sangat bermanfaat karena mengangkat tema "Program Penanaman Pohon dan Sayur dengan Pola Asuh; Kesadaran Lingkungan melalui Pohon". Harapannya program ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai sejauh mana pentingnya menanam pohon dan sayuran bagi masyarakat. 
 
Hening Parlan memaparkan bahwa kegiatan ini diniatkan untuk berkontribusi dalam menjaga alam dan menjaga generasi. "LLHPB PWA Riau adalah salah satu LLHPB yang sangat giat," sebutnya. Riau merupakan daerah yang memiliki lahan gambut sangat luas. Menurut Wirdati Irma, data terakhir menyatakan bahwa luas lahan gambut diperkirakan sekitar 3.8 juta hektar dan kedalamannya mencapai 20 meter.
 
Dalam penanaman pohon dengan pola asuh ini, pohon ditanam dan dirawat sampai dia hidup dan besar. Sehingga, nantinya menghasilkan oksigen yang bermanfaat dan dapat menjadi amal jariyah.
 
Terakhir, program dan kegiatan penanaman pohon dan sayuran ini dilakukan secara bersama sama. Kegiatan ini menjadi titik mulai untuk berbagai kegiatan selanjutnya.
 
Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi sampai dengan selesai acara. *(irma/fah)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari