'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB Jakarta Utara Selenggarakan Silaturahmi dan Monev di Kampung Marunda Kepu
27 September 2020 20:41 WIB | dibaca 270
 
Semaian benih sayuran mulai tumbuh, agenda Silaturahmi-Monitoring dan Evaluasi I, Marunda (15/08/2020)
 
 
Tempat tinggal mereka di pantai, beberapa berderet di sepanjang jalan inspeksi muara kanal timur, sedang yang lain terpencar. Inilah Kampung Marunda Kepu. Sudah sepuluh hari warga di sini menjalankan budikdamber, yang merupakan bentuk pelaksanaan program Kelentingan Komunitas dan Keluarga dari Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat 'Aisyiyah dengan The Asia Foundation (TAF) sebagai penyandang dana.
 
Pada 15 Agustus 2020, kKami diterima disaung Pak  Rarat "Kepala suku" untuk melaksanakan silaturahmi, serta monitoring dan evaluasi program. Saung yang sangat sederhana itu didirikan di atas empang. Pemandangan ke depan adalah air, dan jauh disana tampak Rusun Marunda.
 
Cuaca panas terik sepajang hari. Mungkin ini juga menjadi pemicu sayuran layu dan kering, serta lele banyak yang mati. Boleh jadi, lele tidak tahan dengan bau plastik ember yg masih baru, di tengah teriknya udara pantai.
 
Aksi penyelamatan dilakukan dengan memindahkan lele ke dalam kolam dan menyemai biji benih untuk mengganti kangkung yang mati. Ada budikdamber yang sayurnya tetap bertahan hijau, yakni milik mereka yang menempatkan ember di kamar mandi.
 
Kendala-kendala ini tak jadi masalah bagi warga Marunda. Tekad mereka tak surut untuk menjalankan budikdamber dan menanam sayur sebagai usaha meningkatkan ketahanan pangan keluarga. (Anisah Nur/PDA Jakarta Utara) 
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari