'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB Jatim Sosialisasikan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Aman Bencana Berkearifan Lokal
31 Maret 2021 07:07 WIB | dibaca 175

 

 

Keterangan foto: Suasana Sosialisasi Daring tentang Pngembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Aman Bencana Berkearifan Lokal

 

 

Meneruskan amanat yang sudah dituliskan adalah bagian dari jihad kita dalam memakmurkan alam semesta. Bagaimana memberikan edukasi tentang kearifan lokal dalam implementasi satuan pendidikan  aman bencana? Sharing dengan para pemangku kebijakan di tingkat pusat jadi agenda penting yang tak boleh terlewat.

 

Pada Selasa 30 Maret 2021 LLHPB Jatim mengadakan seminar bertajuk "Sosialisasi Pengembangan Kurikulum Berkearifan Lokal Menuju Satuan Pendidikan Aman Bencana"

 

Dua pembicara hadir dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, yaitu Ibu Dr.Hj. Chandrawati M.Pd dari Dikdasmen PPA, dan Ibu Hening Purwati, MM (Hening Parlan) dari LLHPB PP yang menyampaikan materi bagaimana kurikulum SPAB dapat diimplementasikan pada amal usaha Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah bidang pendidikan.Tentu kolaborasi yang apik antara Dikdasmen dan LLHPB harus selalu terus dilakukan.

 

Sinergi pada acara ini juga melibatkan dari Majelis  Dikdasmen dan Lembaga Kebudayaan,juga Universitas Muhammadiyah Surabaya. Sebanyak 334 participant  se Indonesia dan luar negeri ikut serta acara ini.

 

Webinar ini bertujuan untuk menyampaikan pengetahuan tentang pentingnya peran tenaga kependidikan, komite sekolah, peserta didik tentang implementasi SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana), Pentingnya mengembangkan kurikulum berkearifan lokal menuju Satuan Pendidikan Aman Bencana, dan Penguatan kemampuan para pendidik dalam pengunaan pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kebencanaan berkearifan  lokal, serta meningkatkan peran tenaga pendidik terkait psikologi pasca bencana.

 

Upaya ini mengingatkan kembali kepada kita semua akan Firman Allah dalam surat Al Imron 120: “Jika kamu memperoleh kebaikan,niscaya mereka bersedih hati. Jika kamu mendapat bencana mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepada mu Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.”

 

  

Keterangan gambar: Poster Webinar 

 

Bagi Bapak dan Ibu yang belum bisa bergabung dalam ZOOM, masih bisa menyimak webinar ini di Youtube Aisyiyah Jawa Timur Channel melalui tautan berikut: https://youtu.be/AqjWvRaR5P8

 

Semoga ikhtiar melalui seminar jadi inspirasi, kolaborasi,dalam mewujudkan sekolah yang ramah lingkungan dan menyatu dengan alam. Tidak gagap dalam kejadian bencana dan tanggap merespon serta menyelamatkan diri sejak dini.Terus mengedukasi bagian yang tak terpisahkan dalam satuan pendidikan aman bencana sejak dini hingga perguruan tinggi.

 

Penulis: Sumiati/ LLHPB PWA Jawa Timur

Editor: Redaksi llhpb.aisyiyah.or.id

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari