'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB Kudus tanggap Bencana dengan One Muhammadiyah One Response
05 Januari 2021 20:33 WIB | dibaca 394
 
 
KUDUS - Ahad, 3 Januari 2021, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Kabupaten Kudus ikut serta dalam respon bencana tanggul jebol Sungai Gelis Dukuh Goleng Desa Pasuruhan Lor Kecamatan Jati.
 
Hujan deras yang terjadi beberapa waktu terakhir membuat tanggul Sungai Gelis jebol. Akibatnya, banjir melanda di sekitar Dukuh Goleng Desa Pasuruhan Lor Kecamatan Jati. Tanggul yang jebol selebar kurang lebih 50 meter. Kedalaman genangan air yang merendam rumah warga sekitar 5 sampai dengan 50 cm. Sementara itu, kurang lebih 22 rumah tergenang banjir dan ratusan warga tidak dapat menjalankan aktivitasnya.
 
LLHPB Kab Kudus tanggap Bencana yang awalnya bersinergi  dengan MDMC, TAGANA, PMI, Fatayat, Muslimat dan warga Desa Pasuruhan melakukan respon banjir dengan mendirikan dapur umum di TPQ Qoriatul Fikri Pasuruhan Lor dengan memasak makanan siap saji sejumlah 1.500 bungkus. 
 
Malamnya MDMC mengadakan rapat intern dengan Ortom Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk membuat Dapur Umum lagi karena masih banyak korban yang belum menerima bantuan, sehingga membuat Dapur Umum di Masjid Al Islam Tuang Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Dapur umum didirikan untuk memberikan makan pagi, siang dan malam kepada warga terdampak.
 
Senin, 4 Januari 2021, berdasarkan rapat intern dengan membuat Posko dan Dapur Umum di Masjid Al Islam Tuang Kedungdowo Kaliwungu Kudus, seluruh relawan Muhammadiyah dan Aisyiyah bergerak cepat merespon banjir di DK Goleng Pasuruhan Lor Jati Kudus.
 
Posko Dapur Umum dibuka di Masjid Al Islam Desa Kedungdowo Kec Kaliwungu. Saat ini beberapa bantuan yang berdatangan ke posko Dapur Umum berupa sembako untuk dimasak menjadi makanan siap saji.
 
Posko Dapur Umum Muhammadiyah Kudus ini akan melayani 3 kali makan: sarapan, makan siang dan malam. Muhammadiyah berharap bantuan dari masyarakat Kudus masih terus dibutuhkan untuk keperluan Dapur Umum selama dua hari ke depan.
 
PDA Kab Kudus mengerahkan relawan dari PCA, PRA, PCNA untuk bergiliran bertugas di Dapur Umum setiap harinya. 
 
Ketua LLHPB Kudus Yuliati Khusnul Hidayah mengungkapkan, penggalangan Dana tanpa komando terus bergulir untuk membantu para korban banjir tersebut sehingga diperkirakan dana tersebut tercukupi sampai banjir tersebut surut. "Dengan adanya koordinasi yang baik dan cepat, bantuan untuk korban banjir dapat tersalurkan dengan cepat," pungkasnya.
 
(Penulis: Diah / LLHPB Kudus)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari