'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB PDA Jakarta Utara Lakukan Sosialisasi Program Kelentingan Keluarga di Masa Pandemi
29 September 2020 16:55 WIB | dibaca 404
 
JAKARTA UTARA - Pimpinan Daerah Aisyiyah Jakarta Utara gelar sosialisasi pelaksanaan program Lembaga Lingkungan Hidup Penanggulangan Bencana (LLHPB) PPA kerja sama The Asia Foundation (TAF).
 
Pertemuan webinar yang dilaksanakan PDA Jakarta Utara, 16 Agustus 2020 dihadiri Ketua PWA DKI Jakarta DR.Hj. Maesaroh Ali M.Ag, Ketua Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan, Ketua Cabang se-Jakarta Utara, Direktur Penunjang Medik, Nuri Idrastuti MKM, RSIJ Sukapura, dan wakil peserta program Kelentingan Keluarga. Ibu Hening Parlan selaku Program Advisor Program juga berkenan hadir sekaligus membuka acara webinar tersebut.  Beliau menyampaikan bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, bagaimana keluarga itu bisa tahan dan lentur, tidak goyah.
 
Narasumber dalam webinar ini, Dr.Umi Sjarqiah, Sp.KFR.MKM, Direktur Utama Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura memaparkan materi dengan judul "Cara Menjaga Kesehatan dalam Pandemi Covid-19 dengan Menggunakan Otak Dominan". Dalam penjelasannya antara lain berisi tentang motivasi dan energi kita.
  1. Ingat ini bukan baik dan buruk atau tentang benar dan salah.
  2. Ini hanya tentang otak dominan setiap orang berbeda-beda karena anatomi dan lingkungan berbeda.
  3. Assessment Mind Tools ini menunjukkan energi dan motivasi kita dalam berfikir dan bertindak untuk meningkatkan potensi kita dan mengantisipasi blind spot yang kita miliki dalam berkomunikasi.
 
Sehubungan dengan hal tersebut, dengan menggunakan otak dominan bagaimana menyikapi pandemi Covid-19, yaitu dengan :
  1. Cara menjaga kesehatan, patuh pada protokol kesehatan.
  2. Menyikapi berita hoax dan rasa khawatir terhadap covid 19.
  3. Menjaga ketahanan pangan dalam rangka kelentingan keluarga.
  4. Tanggapan berbeda-beda, mengapa? Karena otak dominan itu berbeda-beda.
Kenali dan latih otak dominan kita. Dengan mengetahui otak dominan, Mind Tools dapat meningkatkan kita dalam berfikir dan menentukan tindakan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dengan menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting.
 
Dari Majelis ekonomi PWA DKI Jakarta, Dra. Delmenita, menjelaskan pentingnya ketahanan ekonomi  bagi keluarga. Karena adanya pandemi ini efeknya hampir di semua sektor kehidupan. Dan menyambut gembira dengan adanya program dari LLHPB PPA  yang dilaksanakan di Jakarta Utara. Mudah-mudahan berlanjut dan hasilnya bisa masuk UKM.
 
Dari PDA Jakarta Utara dijelaskan bahwa program LLHPB yang dilaksanakan di Jakarta Utara, ada di 3 (tiga) tempat  yaitu di Kampung Sawah, Kalibaru dan Marunda. Dengan melaksanakan budidaya lele di ember dan menanam sayuran diatasnya (budikdamber). Diikuti 75 peserta, dilaksanakan mulai Agustus 2020.
 
Sebelum kegiatan dimulai, dibagikan dulu kit untuk masing-masing peserta yang isinya adalah masker, sabun cuci tangan, dan hand sanitizer. Para peserta diberi ember, bibit lele 50 ekor, bibit sayuran kangkung, pakcay, bayam, cabe. Gelas plastik untuk menanam sayuran.
Semoga program bisa berjalan lancar dan sukses. (Soenanti/PDA Jakarta Utara)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari