'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB PWA Bali Adakan Koordinasi Dukung Program Penanaman Pohon dan Sayur dengan Pola Asuh
20 Oktober 2021 10:21 WIB | dibaca 54

 

BALI - Ketua Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) ‘Aisyiyah Bali Setyarti, S.S , M. Hum, mengundang Ketua Badan Pembantu Pimpinan PWA Bali, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Denpasar, Ketua PDA Badung, Ketua PDA Tabanan dan Relawan Aisyiyah untuk mengikuti rapat koordinasi lewat Zoom meeting dalam rangka mendukung program LLHPB PP 'Aisyiyah, yakni Penanaman Pohon dan Sayur dengan Pola Asuh. Rapat diikuti 13 peserta dan dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Oktober 2021.

Acara Zoom meeting dibuka oleh ketua PWA Bali Ir. Hj. Takwalin, M.Pd.I. Beliau menyampaikan musyawarah program LLHPB PP ini didukung lintas majelis dan lembaga yang ada di 3 (tiga) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah yang menerima program tersebut dan bisa bersinergi dengan Task Force dari MKS. Takwalin berharap proposal 3 daerah tersebut lebih banyak melibatkan kader kader muda di persyarikatan.

Arti mengatakan pengajuan proposal LLHPB ‘Aisyiyah Bali yang bekerjasama dengan LLHPB PP dan Lazismu Pusat dalam penanaman pohon dan sayur dengan pola asuh untuk kelentingan keluarga dinyatakan lolos seleksi. Sebagai penanggung jawab adalah ketua PDA masing masing daerah yang menerima program tersebut dan ibu asuh yang bertanggung jawab di lapangan.

Program tersebut diharapkan dapat berjalan sesuai proposal. Pengajuan proposal pada tanggal 1-15 Oktober. Tanggal 16-20 Oktober persipan lahan bekerjasama dengan PDA Badung, Denpasar Dan Tabanan. Tanggal 21-25 Oktober pengadaan bibit yang berkualitas bekerjasama dengan Tahura Bali, KLHK Bali, BPTP Bali, LPLH SDA MUI Bali, Komunitas Ayo Menanam, Lazismu, Lintas Majelis dan Lembaga PWA Bali, Lembaga Lingkungan Muhammadiyah. Selanjutnya pada tanggal 1 – 10 November dilakukan penyerahan bibit ke PDA yang ditunjuk. Pada tanggal 11 – 20 November, penanaman pohon dan sayuran di ketiga daerah tersebut sudah tercapai 100%. Monitoring dan evaluasi tahap pertama dilakukan pada tanggal 21 – 30 November. Monitoring dan evaluasi selanjutnya dilaporkan pada tanggal 1 – 31 Desember.

Selain itu, Arti menyampaikan juga rencana penanaman pohon (500 pohon) akan dibagi ke PDA Denpasar 150 pohon, 40 sayuran, PDA Badung 200 pohon, 30 sayuran, PDA Tabanan 150 pohon, 30 sayuran. Rencana kegiatan selama tiga bulan ini melibatkan Lintas Majelis dan LEmbaga di PWA Bali, NA, IMM Bali dan IPM Bali. Sebagai Pembina : Ir. Hj. Takwalin, M.Pd.l, Penanggung Jawab: Setyarti, S.S, M.Hum, Sekretaris: Dr. Novena Ade Fredyarini, S.S, Keuangan:L Dra. Hj. Sri Indriani Haryati, Media: Inti Trisginarsih, S.T.

Untuk jenis pohon disepakati buah buahan dan tanaman sayuran menyesuaikan kondisi di lapangan dari ketersediaan bibit, yang terpenting diperlukan koordinator ibu asuh untuk merawat dan memelihara.

Guna mensukseskan program tersebut rencana pengembangan penyaluran bibit akan merata ke 9 PDA se-Bali dengan sinergi lintas Majelis dan Lembaga Task Force Pandemi Covid-19. Sinergitas lintas majelis dalam kegiatan mencegah dan menanggulangi dampak Covid-19 di masyarakat.

Program Menanam Pohon dan Sayuran dengan pola Asuh ini bertujuan menggerakkan potensi ‘Aisyiyah untuk berpartisipasi secara aktif dan nyata dalam upaya penanggulangan masalah akibat dampak pandemi Covid-19, sebagai pelaksana Program kerja Nasional yang bersinergi dengan program task force yang di komandoi oleh MKS PWA Bali. Sasaran Task Force adalah Anak: yatim/piatu, Perempuan: ibu hamil, menyusui , janda, dan Masyarakat umum yang terdampak Covid-19 dengan memberikan bantuan, membagikan bibit tanaman kepada keluarga dan masyarakat sebagai upaya ketahanan pangan. (inti)

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari