'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB PWA Bali Tanamkan Kedisiplinan dengan Memilah Sampah sebagai Lahan Amal Jariah
22 September 2020 16:35 WIB | dibaca 303

KARANGASEM, BALI – Program keluarga lenting dengan memberikan bantuan alat komposter pada Pimpinan Darah 'Aisyiyah (PDA) Kabupaten Karangasem dilaksanakan pada tanggal 2 September 2020, bertempat di TK 'Aisyiyah Karangasem, Jalan Gajah Mada Gang Kenari, Lingkungan Danginsema Amlapura, Karangasem. Kegiatan kemitraan Pimpinan Pusat 'Aisyiyah (PPA) bersama The Asia Foundation, dan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (LLHPB PWA) Bali dalam program sosialisasi, edukasi, dan penyerahan komposter serta bibit tanaman kepada Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Kabupaten Karangasem telah terlaksana pada pukul 10.00 WITA sampai selesai. Pertemuan ini dihadiri oleh Ketua PDM Karangasem, Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Karangasem Ketua PDA Karangasem, dan ibu-ibu 'Aisyiyah daerah Karangasem yang terdiri dari guru-guru TK 'Aisyiyah Karangasem dan wali murid TK 'Aisyiah Karangasem.

Kedatangan tim LLHPB PWA Bali yang mengusung program dengan tema “Jaga Lingkungan dan Tingkatkan Ketahanan Pangan Keluarga” disambut baik oleh ibu-ibu 'Aisyiyah Kabupaten Karangasem. Penyerahan komposter oleh Ketua LLHPB PWA Bali, Setyarti, S.S., M.Hum kepada Ketua PDA Karangasem, Munirah., S. Ag. yang didampingi oleh Ketua PDM Karangasem dan Ketua MCCC Karangasem. Sebelum penyerahan komposter, Ketua MCCC Karangasem, Ali Amalah, S.Pd memberikan sambutan dengan mengucapkan terima kasih atas kedatangan dengan program keluarga lenting dan sangat bermanfaat bagi umat Islam. Melalui bercocok tanam akan bermanfaat untuk manusia atau mahkluk hidup dan tanah yang merupakan sedekah bagian dari amalan di akhirat. Pada masa pandemi ini sekecil apapun yang diberikan harus iklas menerima dan merupakan pahala ladang amal.

Kemudian alat komposter diserahkan oleh Ketua LLHPB PWA Bali kepada Ketua PDA Karangasem. Kemudian ketua PDA Karangasem menyampaikan rasa terim kasih dan dapat dimanfaatkan oleh warga Aisyiyah. Salah satu warga telah melaksanakan go green dengan menanam tanaman untuk kebutuhan keluarga, sehingga dapat bersama-sama mentransfer pengetahuan cara menanam kepada warga Aisyiyah dan warga non muslim di sekitar daerah Karangasem.

Penyampaian latar belakang adanya program keluarga lenting, disampaikan oleh ketua LLHPB PWA Bali, kemudian dilanjutkan oleh tim LLHPB PWA Bali, yaitu Novena menyampaikan cara membuat kompos dengan alat komposter, Indriani menyampaikan penggunaan sampah plastik dan cara menanam tanaman pekarangan keluarga, sedangkan Inti Trisginarsih menyampaikan alternatif alat komposter di rumah tangga dengan ember bekas. Sebelum rangkaian acara selesai, Ketua PDM Karangasem, Firman Kurniawan menyampaikan beberapa hal sebagai rasa terima kasih dan simpati pada gerakan LLHPB PWA Bali, sangat berharap melalui program ini dapat menjadi lahan dakwah dan dapat mensosialisasikan ke wali murid TK Aisyiyah untuk bergerak, berbuat, dan bertindak sesuai ciri khas Muhammadiyah yaitu “sedikit berbicara, banyak bekerja”, serta dibutuhkan niat, kemauan, dan kesungguhan dari diri sendiri dengan disiplin dari pemilahan sampah. (Nove/LLHPB PWA Bali)

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari