'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
[ INSPIRASI ] Berkah Budikdamber di Hari Jum'at
10 Oktober 2020 23:55 WIB | dibaca 230
 
SAMARINDA - Jum'at,  9 Oktober 2020. Pagi hari ini Samarinda diguyur hujan deras. Angin bertiup menerobos masuk rumah melalui ventilasi udara, jendela dan pintu yang sudah saya buka.  Berharap rejeki melimpah dari Allah Subhanahu Wa'tala. Sebagai ummat muslim saya meyakini Allah membagikan rejeki-Nya di pagi hari.
 
Saya berencana ke pasar untuk belanja ikan dan sayuran. Karena hujan deras niat ke pasar saya batalkan. Saya cukupkan diri dengan memasak dari panen Lumbung hidup di sekitar rumah. MasyaAllah. Sayuran kangkung, kemangi, cabe di pekarangan dapat dipanen lagi pagi ini. Olahan oseng atau tumis kangkung yang sehat alami dengan pupuk organik, tanpa obat-obatan olahan pabrik. Lauknya apa ya? Jawabnnya ada di dalam ember di samping rumah.
 
Krupyak-krupyuk suara ikan lele di dalam ember, mengingatkan saya bahwa sambal-goreng ikan Lele segar juga dapat menjadi teman oseng, tumis kangkung bertabur petai. Ditambah tahu goreng dan terong goreng.
 
Program Budikdamber LLHPB PWA Kaltim menambah berkah, di pagi hari Jum'at tatkala hujan deras. Tidak perlu ke pasar lagi. Cukup dengan lumbung hidup budikdamber di sekitar rumah. Rasa Nikmat di lidah, menyehatkan badan karena sayuran organik dan Lele yang terpelihara dengan baik. Menghemat pengeluaran belanja hari ini. Menghemat enerji, waktu dan bbm ( bahan bakar minyak) karena tidak perlu ke pasar. 
 
Sayuran yang dapat di panen hari ini tidak hanya kangkung. Bunga pepaya juga siap untuk hidangan makan siang. Daun jambu biji juga siap direbus bersama bunga pepaya agar rasa pahitnya berkurang. Oseng bunga pepaya, rasa pedasnya Cabe rawit, yang baru saja dipetik tentu menambah huhah...huhah. Menambah selera makan, menghilangkan rasa pusing, mengurangi rasa mriang (demam).  InsyaAllah menambah sehat. Sehat badannya, encer pikirannya, hebat pengeluarannya. Budikdamber membawa berkah di hari Jum'at di kala hujan deras. (Susiyati/LLHPB PWA Kaltim)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari