'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB PWA Riau Laksanakan Launching dan Penyerahan Bibit Pohon dan Sayur ke PCA Ukui
18 Desember 2021 19:28 WIB | dibaca 38
 
PEKANBARU, llhpb.aisyiyah.or.id - Melalui kegiatan Program Penanaman Pohon dan sayur dengan Pola Asuh, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (LLHPB PWA Riau) bersama mahasiswa dan kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menyalurkan bibit pohon dan sayuran ke Pimpinan Cabang 'Aisyiyah (PCA) Ukui pada Sabtu (11/12) sekaligus launching penanaman pohon di Kompleks Sekolah 'Aisyiyah dan Muhammadiyah.
 
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dr. Wirdati Irma, S.Pd, M.Si selaku Ketua LLHPB PWA Riau bersama Koordinator PWA lainnya, dan serta Ketua PCA Ukui Siti Mintiànah, Kepala TK ABA Mustika Rahna, M.Pd. Kepala SD Teguh Waluyo, S.Pd.
 
Dr. Wirdati Irma, S.Pd, M.Si. menyampaikan bahwa menanam pohon dan sayur selain untuk menjaga kelestarian lingkungan bagi seluruh makhluk hidup, pohon yang kita tanam akan menjadi amal jariyah selama dimanfaatkan oleh makhluk hidup, bahkan meskipun dicuri sekalipun tetap akan mengalir pahalanya. Apalagi pohon yang ditanam kemudian dijaga dan dipelihara dengan baik dan sepenuh hati, insyaAllah pohon tersebut turut bertasbih kepada Allah SWT untuk keselamatan  hamba-Nya.
 
LLHPB PWA Riau menyerahkan bibit pohon dan sayur ke PCA Ukui dalam rangka Program Penanaman Pohon dan Sayur dengan Pola Asuh yang bertempat di Kompleks Sekolah 'Aisyiyah dan Muhammadiyah Ukui. Bibit pohon yang sudah diberikan nantinya akan ditanam dan dirawat oleh guru-guru yang ada di Kompleks Sekolah 'Aisyiyah dan Muhammadiyah tersebut hingga nantinya bisa tumbuh dan bermanfaat untuk kehidupan masyarakat dan makhluk hidup di sekitarnya. Beberapa jenis bibit yang diberikan seperti bibit rambutan, sirsak, kelengkeng, dan nangka. Bibit tanaman ini nantinya akan ditanam dan dirawat dengan pola asuh secara berkala.
 
Pentingnya menanam pohon dan sayuran dengan pola asuh bisa dilihat melalui berbagai literasi yang dicatat oleh para ahli biologi, kimia, lingkungan hidup, pertanian dan kehutanan, baik berdasarkan pengalaman maupun hasil penelitian mereka. Terungkap jelas bahwa pohon mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat vital bagi kehidupan manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya, serta lingkungan hidup global. 
 
Salah satu manfaat pohon yang sangat penting bagi kehidupan yaitu menghasilkan oksigen oksigen (O2) pada siang hari. Dimana oksigen ini merupakan sumber kehidupan, unsur senyawa esensial yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan dalam proses respirasi, saat bernapas. Kekurangan pasokan oksigen saja manusia dan hewan sudah menderita sakit dan sesak napas. Apalagi tanpa oksigen sama sekali, manusia dan hewan tidak dapat melangsungkan proses kehidupannya alias mati.
 
Melalui program Penanaman Pohon dan Sayur dengan Pola Asuh menjadi langkah awal untuk kita semua agar menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan ini bisa kita mulai dengan cara menanam dengan pola asuh dan dirawat secara berkala hingga didapatkan hasil yang maksimal. *(fahmi/fah)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari