'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB PWA Riau Serahkan 130 Bibit Sayur dan 50 Bibit Pohon Buah untuk Ditanam dengan Pola Asuh
07 Desember 2021 18:32 WIB | dibaca 39
 
PEKANBARU, llhpb.aisyiyah.or.id - Selasa (7/12), Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Riau (LLHPB PWA Riau) melaksanakan Penyerahan Bibit dan Penanaman Sayur dengan Pola Asuh di TK Aisyiyah 2 Sukajadi. Bibit sayur yang diserahkan ada sebanyak 130 bibit sayur dan 50 bibit pohon buah. Tidak sekadar diserahkan, masing-masing bibit harus jelas siapa yang akan memelihara dan merawatnya.
 
Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Wirdati Irma, S.Pd, M.Si. selaku Ketua LLHPB PWA Riau, Dr. Sri Hilma Siregar selaku Sekretaris LLHPB PWA Riau, Dra. Mudarni Hidayati selaku Koordinator LLHPB PWA Riau. Eli Mardiah dari PCA Sukajadi dan Ibu ibu dari TK Aisyiyah 2 Sukajadi dan guru SD Muhammadiyah 2 Pekanbaru, dan juga beberapa  mahasiswa dan IMM sebagai relawan turut berpartisipasi untuk kegiatan penanaman sayur ini.
 
Rangkaian program kegiatan LLHPB PWA Riau ini bekerja sama dengan LLHPB Pimpinan Pusat 'Aisyiyah dan Lazismu yang dibungkus dalam  penanaman pohon dan sayur dengan pola asuh.
 
Mengapa harus dengan pola asuh? Saat ini kita rasakan bahwa lingkungan kita semakin panas dan semakin sering terjadi bencana. Sebagian besar bencana yang terjadi disebabkan oleh ulah tangan manusia. Contohnya, penebangan pohon yang tidak mempertimbangkan aspek lingkungan hidup, menyebabkan hilangnya pohon-pohon penghasil oksigen dan penyerap karbon dioksida. Akibat yang nyata kita rasakan adalah terjadinya perubahan iklim yang ekstrim, seperti kondisi panas dengan temperatur tinggi, curah hujan yang tidak menentu, dan lain sebagainya.
 
Penanaman pohon yang biasa dilakukan seringkali hanya bersifat seremonial saja, sehingga setelah penanaman pohon tidak jelas lagi bagaimana nasib pohon yang sudah ditanam. Oleh karenanya, LLHPB PWA Riau tidak ingin kecolongan lagi. Sehingga, ibu-ibu di lingkungan PCA Sukajadi termasuk di dalamnya TK Aisyiyah 2 dan SD Muhammadiyah 2, turut berpartisipasi menjadi bapak ibu asuh dari sayur dan pohon yang diserahkan dan ditanam di lingkungan sekolah dan sebagian akan dibawa oleh guru serta karyawan untuk ditanam di rumah masing-masing.
 
Dr. Wirdati Irma menyebutkan, PCA Sukajadi yang dititik beratkan pada lingkungan TK Aisyiyah 2 dan SD Muhammadiyah 2 Pekanbaru jadi salah satu tempat untuk penanaman pohon dan sayur dengan pola asuh dari beberapa lokasi yang direncanakan. Ibu-ibu dari TK Aisyiyah terlihat antusias melakukan penanaman.
 
Ke depannya, kegiatan penanaman pohon dan sayur dengan pola asuh ini direncanakan akan terus menerus dilakukan, mengingat saat ini masyarakat belum lepas dari situasi pandemi COVID-19. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi salah satu pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari berupa sayuran yang semakin susah dipenuhi karena faktor ekonomi di masa pandemi. Kegiatan ini juga menjadi salah satu hal penting di sekolah, khususnya TK, karena menjadi salah satu bagian dari tema pembelajaran di kurikulum sekolah yang harus dilaksanakan. *(fahmi/fah)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari