'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB PWA Riau Siapkan Lahan Untuk Tanam 500 Pohon dengan Sistem Pola Asuh
06 Desember 2021 20:02 WIB | dibaca 176
 
PEKANBARU, llhpb.aisyiyah.or.id - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Riau (LLHPB PWA Riau) melakukan persiapan lanjutan Program Penanaman Pohon dan Sayur dengan Sistem Pola Asuh. Kamis (2/12), di SMK Muhammadiyah UK, LLHPB PWA Riau mempersiapkan tempat untuk penanaman pohon dan sayuran.
 
Program penanaman ini menjadi salah satu contoh untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya penanaman pohon dan sayur dengan pola asuh, agar pohon yang sudah ditanam tidak terbengkalai setelah ditanam, melainkan dipastikan tetap dirawat dan dijaga untuk tetap hidup sehingga dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan anak cucu di masa yang akan datang.
 
Ketua LLHPB PWA Riau, Dr. Wirdati Irma, menyebutkan bahwa rencananya akan dilakukan penanaman 200 sampai 300 pohon di lahan gambut, namun melihat kondisi lokasi yang cukup luas, maka jumlah pohon yang ditanam akan ditambah menjadi 500 pohon. Lima ratus pohon ini akan dibagi ke dua lokasi, yakni di Pekanbaru yang bertempat di SMK Muhammadiyah UK sekitar 200 pohon dan di Pelalawan sekitar 300 pohon.
 
Tanaman-tanaman tersebut sengaja ditanam dengan pola asuh di lokasi amal usaha Muhammadiyah agar penjaga sekolah sekaligus dapat mengasuh tanaman tersebut. Selain penjaga sekolah, nantinya guru-guru yang ada di sekolah juga akan menjadi bapak asuh untuk kelanjutan hidup pohon yang ditanam. Di samping itu, nantinya mahasiswa biologi dan kimia serta Iikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) akan turut berpartisipasi dalam mennyukseskan penanaman tersebut sampai tumbuh akan dirawat oleh secara berkala.
 
Mahasiswa-mahasiswa program studi Biologi angkatan 2020, program studi Kimia 2021, dan juga Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang hadir ikut membantu penggalian lubang untuk penanaman pohon dan mencangkul lahan yang nantinya ditanami sayur sayuran. Persiapan kegiatan program tersebut juga dihadiri oleh Dr. Wirdati Irma, S.Pd, M.Si. selaku Ketua LLHPB PWA Riau dan Dr. Sri Hilma, Eli Mardiah dari PCA Sukajadi.
 
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari