'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB PWA SUMUT Launching Program Keluarga Lenting di Masa Pandemi Covid-19
12 Agustus 2020 14:31 WIB | dibaca 58

 

 

SUMUT - Masa pandemi corona virus disease (Covid-19) memilki dampak yang berkepanjangan. Menyikapi kondisi tersebut Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) 'Aisyiyah Sumatera Utara akan me-launching Program Keluarga Lenting di masa pandemi Covid-19. Program ini merupakan gagasan dari LLHPB Pimpinan Pusat 'Aisyiyah yang berkolaborasi dengan LLHPB PWA Sumatera Utara. Dengan harapan, program ini akan membentuk keluarga yang lenting dan tangguh menghadapi masa kenormalan baru, serta produktif dalam membangun perekonomian keluarga.

Menurut Ketua LLHPB Aisyiyah Sumut, Dra. Jamilah, M.Pd., setelah mengikuti pertemuan yang diselenggarakan  LLHPB PPA melalui daring pada Senin (3/8) malam, LLHPB PWA Sumatera Utara akan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan program tersebut baik secara webinar maupun tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan, serta mendatangkan narasumber yang sesuai di bidangnya. Kegiatan ini akan melibatkan perempuan dan keluarga tangguh serta adanya partisipasi mandiri dari kader Aisyiyah dan komunitas yang siap terjun setelah mengikuti pelatihan.

“Perempuan tidak boleh pasrah dengan keadaan yang sedang dilanda wabah pandemi ini, perempuan terutama ibu rumah tangga sebaiknya melakukan kegiatan dari rumah saja atau bagi yang bekerja melakukan  work from home (WFH). Meskipun di rumah, perempuan dapat melakukan berbagai kegiatan yang produktif dengan berbagai cara, seperti ternak lele dan menanam kangkung dengan memanfaatkan barang bekas dan lahan pekarangan rumah,” imbuh Jamilah.

Program keluarga lenting  bertujuan membangun kelentingan keluarga dan komunitas dalam masa pandemi Covid-19 melalui ragam kegiatan edukasi bahaya dan pencegahan Covid-19, peningkatan ketahanan pangan, menjaga lingkungan, mengembangkan budi daya ternak ikan lele dan burung puyuh, serta publikasi pembelajaran dari praktek baik kegiatan yang dilaksanakan.

Setelah mengikuti pelatihan, nantinya peserta dapat membuat ternak lele dan menanam kangkung di rumah dengan menggunakan tong atau ember bekas. Hasilnya dapat dikonsumsi bersama keluarga, disedekahkan bagi yang membutuhkan, maupun dijual hasil panennya. “Kami berharap, nantinya program ini dapat berkelanjutan dan bermanfaat bagi para perempuan dalam meningkatkan ketangguhan keluarga dan komunitas dalam menghadapi masa-masa krisis seperti pandemi Covid-19,” tambah Sri Ngayomi Sekretaris LLHPB PWA Sumatera Utara. (LLHPB PWA SUMUT)

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari