'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB Sulteng Adakan Webinar Pelatihan Prospek Budidaya Sayuran untuk Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi
27 September 2020 22:05 WIB | dibaca 395
 
 
PALU - Dalam meningkatkan pemahaman budidaya sayuran, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Sulawesi Tengah didampingi Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Sulawesi Tengah membuat webinar Pelatihan Prospek Budidaya Sayuran untuk Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi pada hari Sabtu tanggal 29 Agustus 2020.
 
Awal pelatihan di buka oleh Ibu Prof. Dr. Ir. Marhawati Mappatoba, MT dengan prakata "Pertanian itu adalah ibu dari kehidupan manusia, bagaimanapun majunya suatu negara tidak ada orang makan dari teknologi. Jika dalam suatu keluarga melakukan satu penggal aktifitas pertanian, maka akan membawa dampak besar". Dari penuturan beliau sudah sangat jelas budidaya tanaman holtikultira adalah salah satu solusi untuk tetap bertahan di situasi pandemi.
 
Narasumber webinar kali ini adalah Dr. Hj. Sri Jumiyati, S.P., M.Si selaku Dosen Universitas Muhammadiyah jurusan Ekonomi Pertanian. Dalam pelatihan kali ini ada beberapa teknik budidaya sayuran yang dapat dilakukan yakni :
 
1. Konvensional adalah menanam sayuran di lahan
2. Tabulapot, konsep menanam buah/sayuran di dalam pot
3. Hidroponik bertanam sayuran dengan media air yang di berikan nutrisi
4. Vertikultur, teknik budidaya sayuran memanfaatkan ruang sempit dengan vertikal
5. Aeroponik adalah menanam sayuran dengan udara dan hanya menggunakan air yang sedikit dan semprotkan saja
Lalu di lanjutkan dengan tahap budidaya sayuran, yakni Pengolahan Tanah, Penyemaian Benih, Penanaman, Pemeliharaan Tanaman, Panen/Pasca Panen, Pemesaran, serta Analisis Usaha.
 
Setelah penyampaian materi, dilanjutkan sesi sharing narasumber dan peserta sampai penginfoan bahwa LLHPB bekerja sama dengan pertanian Provensi Sulawesi Tengah. Juga penginfoan jenis sayuran yang di tanamkan dalam program LLHPB ini, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan pangan. Di harapkan juga akan di tindaklanjuti sampai menjadi peluang usaha, sehingga bisa mengolah sayuran yang lebih produktif. Pada kegiatan ini juga di hadiri adik-adik dari Panti Asuhan Aisyiyah Sulawesi Tengah. (LLHPB PWA Sulteng)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari