'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB Sumut Adakan Sosialisasi Penanaman Pohon dan Sayur dengan Sistem Pola Asuh
13 November 2021 14:03 WIB | dibaca 44

MEDAN, llhpb.aisyiyah.or.id - Sabtu (23/10), bertempat di Aula MAS Aisyiyah Jl. Demak, dilaksanakan Sosialisasi Menanam Pohon dan Sayur Dengan Sistem Pola Asuh. Program ini dicanangkan oleh Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat 'Aisyiyah yang bekerjasama dengan Lazizmu PP Muhammadiyah untuk diterapkan di seluruh wilayah 'Aisyiyah melalui pengiriman proposal. Sehingga terseleksi ada 15 proposal yang terpilih dan salah satu di antaranya proposal dari LLHPB PWA Sumatera Utara.

Gerakan  ini dilatarbelakangi oleh perubahan iklim yang telah diakui sebagai penyebab meningkatnya frekuensi kekeringan, kebakaran hutan, cuaca ektrem yang menyebabkan bencana seperti banjir, longsor, badai siklon dll. Berbagai bencana alam tersebut menimbulkan korban harta dan tak  jarang juga jiwa. Oleh karena itu kita semua harus berperan dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim agar resiko dapat dikurangi dan tidak muncul bencana berkepanjangan.

Dengan menjunjung tinggi semangat Al-Ma’un, Sri Ngayomi YW, M.Psi.Psikolog (Sekretaris LLHPB PWA Sumut) menyampaikan, "Penanaman pohon dan sayur melalui sistem pola asuh ini menunjukan betapa besar rasa syukur kita sebagai manusia, dimana selain mendapatkan hasil panen yang nantinya dapat dinikmati oleh keluarga, juga dapat menambah pendapatan keluarga serta mewujudkan semangat Al-Ma’un dengan berbagi hasil bersama tetangga dan orang-orang yang sangat membutuhkan.”

Gerakan ini didukung sepenuhnya oleh Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah dengan turut mengikutsertakan beberapa majelis untuk berkolaborasi dengan LLHPB sebagai bentuk kerjasama lintas majelis.

Pada kesempatan ini banyak masukan yang bersifat mendorong untuk terlaksananya program penanaman pohon dan sayur dengan sistem pola asuh. LLHPB sangat menyambut baik, sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua LLHPB PWA Sumut Dra. Jamila, M.Pd bahwa, “Terlaksananya program ini dibutuhkan campur tangan seluruh warga 'Aisyiyah Sumut melalui kerja sama lintas majelis, ortom, dan Lazismu Wilayah Sumut tentunya. Hingga saat ini LLHPB terus berkoordinasi dengan PDA se-Sumut agar kegiatan ini dapat terlaksana meskipun pandemi COVID-19 belum dikatakan aman, tapi setidaknya program ini dapat membantu warga ‘Aisyiyah untuk mengembangkan minat dan bakat dalam bidang pertanian dan petamanan serta mewujudkan semangat Al Ma’un.”

Dalam kegiatan sosialisasi ini juga turut ditampilkan demo cara melakukan pendederan sayuran di media rockwool dan tanah serta teknik penanaman di pot sehingga mudah dilakukan pada lahan yang sempit. Sosialisasi ini disampaikan oleh Ir. Endrifida (Devisi Lingkungan Hidup LLHPB PWA), Dra. Ijah Mulyani, M.Si (Devisi Penanggulangan Bencana) dan Isra Hayati, S.Pd.,M.Si (Bendahara ). Harapan terdalam agar program ini terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat positif bagi warga Aisyiyah juga diluar Aisyiyah. *(Sri Ngayomi YW/fah)

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari