'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
MDMC Kabupaten Pemalang Latih Kader Ortom Siap Siaga Bencana
11 November 2021 10:25 WIB | dibaca 180

PEMALANG, llhpb.aisyiyah.or.id – Ahad (7/11) lalu, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC)/Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pemalang mengadakan Pelatihan Siap Siaga Bencana di Obyek Wisata Pemandian Moga. Dalam pelatihan ini, hadir pula delegasi dari Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Pemalang, di antaranya  Ika Puspita Dewi,S.Pd.,M.Pd., Henny Purwanti, S.Pd AUD, Indah Nafisa, S.Pd., Siti Ma'rifah,S.Pd.I., Herlin Setyoningsih,S.Pd.

Dalam upacara pembukaan, Erwin Ediyanto Erapraja, Ketua MDMC Kabupaten Pemalang, selaku Pembina Upacara mengatakan bahwa pelatihan siap siaga bencana sangat dibutuhkan untuk beberapa perwakilan ortom, mengingat saat ini curah hujan di Jawa Tengah, khususnya di Pemalang, termasuk dalam intensitas tinggi.

Lebih lanjut, ia berharap agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik dan sungguh sungguh, untuk menjadi bekal dalam komunitas ortom masing-masing. Sehingga seluruh komponen persyarikatan Muhammadiyah memiliki kemampuan manajemen posko, penanganan bencana, psikososial pasca bencana, penanganan medis,dan pengelolaan dapur umum.

Terdapat lima materi yang disampaikan dalam pelatihan ini, yaitu Manajemen Posko, Dapur Umum, Penanganan Medis, Psikososial Pasca Bencana, dan Water Rescue. Setelah menerima materi, seluruh peserta mengikuti simulasi penanggulangan bencana untuk menerapkan materi yang telah disampaikan.

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan pengukuhan dan upacara penutupan. Acara ditutup oleh dr. Maezi, mewakili PDM Kabupaten Pemalang. *(fah)

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari