'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Menjaga Ketahanan Pangan Ditengah Wabah
08 Mei 2020 14:39 WIB | dibaca 162

Menjaga Ketahanan Pangan Ditengah Wabah

Oleh: Kusnitah (Kabid 2 Pembuatan Warung Hidup) Katavid PDA Jepara

Jepara - Pada saat pandemi covid-19 seperti ini yang kian lama menyebar tanpa batas tentunya berdampak kepada semua warga baik diperkotaan maupun di pedesaan.Tidak hanya rakyat jelata bahkan semua rakyat merasakan dampak setelah diberlakukan Penerapan sosial bersekala besar(PSBB) tetap dirumah saja,bekerja dari rumah bahkan tidak keluar luar kecuali hal yang sangat mendesak sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Salah seorang dari warga desa Cepogo dukuh Sumbrodo RT 01/04 Kembang Jepara Rofiq namanyanya selaku anggota LLHPB PDA Jepara menyikapi suasana di masa pendemi dengan menanam dan membudidayakan ikan lele di pekarangan rumah tidak lama ini. “Sebelum ada pandemi seperti ini kami sekeluaga sudah bertanam dan membuat tangkaran lele sebagai ketahanan pangan untuk keluarga” ujar Rofiq.

Selalu dikerjakan apa yang menjadi kesibukan di tengah pandemi saat ini,Rofiq beserta keluarga mampu menambah kebutuhan pangan setiap hari tidak harus beli diluar,karena dari sayuran yang ditanam antara lain kangkung, tomat, sawi, cabe, seledri juga ikan lele itu semua untuk kebutuhan keluarga sehari- hari, bahkan bisa untuk membantu tetangga yang membutuhkan.

Himbauan sesuai protokol disaat pandemi memang tidak selalu keluar rumah,jadi aktifitas setiap hari tidak hanya pagi dan sore untuk merawat tanaman yang sekian banyak macam bahkan malam haripun ketika dalam suasana jagong diteras bisa sambil menikmati desis angin dan memandangi tanaman yang kian berbuah. “Dengan minum kopi bisa nikmatin hiburan disekitar rumah ” tambahnya.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari