'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PDA Kebumen Bentuk Keluarga Tangguh Menghadapi Covid 19 (KATAVID)
13 Mei 2020 14:53 WIB | dibaca 150

Peserta Pelatihan Aquaponik Posyan Kebumen

Pimpinan Pusat Muhammadiyah merespon adanya Pandemi Covid 19 dengan membentuk Muhammadiyah Covid 19 Command Center (MCCC). ‘Aisyiyah sebagai salah satu organiasai otonom bersama MCCC PWM Jawa Tengah menginisiasi sebuah program penguatan kapasitas keluarga dalam mengontrol dan mencegah penularan Virus Corona dengan nama program “Keluarga Tangguh Menghadapi Covid-19 (Katavid). Keluarga tangguh menghadapi covid-19 (Katavid) adalah keluarga yang memiliki ketangguhan berupa kesadaran, pengetahuan, ketrampilan yang terus dikembangkan untuk mengurangi dampak covid-19 bagi keluarga. Ruang lingkup Katavid terdiri dari 3 unsur ketangguhan yaitu: kesadaran, pengetahuan, dan ketrampilan, dimulai dari memahami risiko dampak Covid-19 hingga mampu memiliki perencanaan isolasi mandiri keluarga.

PDA Kebumen merespon cepat kegiatan tersebut dengan membentuk Gugus Tugas Katavid 19 PDA Kebumen dengan ketua Ibu Sri Hadi Widiastuti. Kegiatan yang telah dilakukan oleh PDA kebumen meliputi Gerakan Taawun Social serentak pada tanggal 22 April meliputi  distribusi sembako 2316 paket, 2555 pcs masker kain dan bantuan APD ke RS. Bersama MCCC Mengadakan Pelatihan Aquaponik, Pembentukan Kelompok Tani wanita. Pelatihan aquaponik dilakukan di semua PCA Se Kabupaten Kebumen secara bertahap dan saat ini PDA telah membentuk  5 kelompok Tani Wanita. Ketua Gugus Tugas Katavid Ibu Sri Hadi Widiastuti berharap melalui kelompok tani wanita ini dapat meningkatkan peran wanita dalam meningkatkan status ekonomi keluarga dan meningkatkan kemandirian wanita dalam keluarga. Kegiatan ini sesuai dengan fokus kegiatan Katavid ada 7 gerakan yaitu:

1. Penggalangan dana Aisyiyah Peduli

2. Pembuatan warung hidup

3. Sosialisasi dan Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat

4. Pembuatan masker kain

5. Penguatan ketahanan ekonomi keluarga

6.Gerakan Cepat  tanggap Covid-19

7.Gerakan dakwah digital perempuan islam berkemajuan.

Kegiatan Katavid ini terus berlanjut meliputi gerakan taawun sosial tahap kedua, pembuatan media sosialisasi pola hidurp bersih dan sehat melalui semua media sosial PDA Kebumen, serta dakwah digital.

Pelatihan Aquaponik Posyan Kebumen

 

Sosialisasi Covid 19 dan Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat di Posyan Ayah

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari