'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PDA Kota Cilegon Adakan Pelatihan Pendampingan Kelompok Harum
18 Agustus 2020 15:23 WIB | dibaca 213
 
 
 
CILEGON - Ahad (16/8) lalu Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kota Cilegon mengadakan acara Pelatihan Pendampingan Kelompok Program Kelentingan Keluarga. Kegiatan bertema "Harum dengan Lahan Sempit sebagai Lumbung Hidup dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga" ini dilaksanakan di Perguruan Muhammadiyah, Jalan Cut Nya Din, Cilegon dan dihadiri oleh pengurus harian PDA Cilegon, pendamping, serta anggota Kelompok Harum.
 
Dalam sambutan sekaligus membuka acara pelatihan, Ketua PDA Cilegon Ibu Olla Holaiyah berharap program Harum menjadi agen perubahan dan mencintai lingkungan. Selain lingkungan menjadi indah, melalui program ini sampah rumah tangga pun dapat dimanfaatkan menjadi pupuk (kompos). Ke depannya, Kelompok Harum ini diharapkan dapat berperan sebagai Pencinta Lingkungan Community (PLC), yang dengan segenap kemampuan dan potensi bertekad menjadikan Cilegon hijau, bersih, dan sehat.
 
Pelatihan ini diisi dengan tiga materi. Pertama, mengenai Covid-19 yang disampaikan oleh pendamping Kelompok Harum 2, Ibu Salmah Siregar. Lalu ada pula materi tentang tanaman vertikultur disampaikan oleh Ibu Mahzunah, pendamping Kelompok Harum 1. Bertanam dengan cara vertikultur memang paling cocok dilakukan di halaman sempit dan sekaligus dapat memanfaatkan botol-botol bekas yang ada di lingkungan sekitar. Materi ketiga adalah tata cara membuat pupuk yang diisi oleh Ibu Pratiwiningsih. Secara gamblang proses pembuatan dijelaskan dan langsung diikuti praktik membuat pupuk cair. Dengan metode ini, nyaris tidak ada sampah rumah tangga yang terbuang. Semua bermanfaat dijadikan pupuk.
 
Tidak menyia-nyiakan keterampilan para pendamping Kelompok Harum yang memiliki hobi menanam, sharing tentang tanaman pun digelar dalam pelatihan ini. Materi terakhir yang disampaikan oleh Ibu Nurachmah sebagai pendamping Kelompok Harum 3 ini juga membahas mengenai bagaimana tanaman bisa menambah penghasilan keluarga.
 
Acara kemudian ditutup dengan pembagian bibit pupuk dan media tanam kepada masing-masing anggota kelompok. (LLHPB PWA Banten)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari