'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PELATIHAN JURNALISTIK PIMPINAN WILAYAH ‘AISYIYAH JAWA TENGAH
03 Mei 2020 20:08 WIB | dibaca 165

Nara sumber Bapak Agung Setia Bakti sendang menyampaikan paparannya

Menulis berita itu mudah dan sangat mudah,  yang terpeting adalah terus menerus latihan tanpa patah arang. Itu yang disampaikan oleh bapak Agung Setia Bakti wartawan senior yang telah memiliki kompetensi sebagai  wartawan utama dari PWI pada acara Pelatihan Menulis yang diselenggarakan oleh  LPPA  PWA yang bekerja sama dengan LLHPB PWA Jawa Tengah, pada hari Ahad, tanggal 3 Mei  2020 secara online.

Penyelenggaran kegiatan ini dimaksudkan agar kader kader ‘Aisyiyah khususnya LPPA dan Tim Gugus Tugas KATAVID di LLHPB  yang salah satu kegiatannya adalah menulis laporan, bisa lebih baik dan lebih semangat dalam menulis. Pada pelatihan tersebut  fokus pada latihan menulis berita. Proses pelatihan dilakukan dengan menggunakan media online Zoom dan WhatsApp grup. Adapun pesertanya adalah dari PDA se-Jawa Tengah, dan masing masing PDA mengutus 3 orang peserta.

Pada kesempatan tersebut Ketua LPPA PWA Jawa Tengah Ibu Dr. Sri Haryani M.Pd menyampaikan agar ibu-ibu peserta dapat mengambil manfaat dari  pelatihan menulis yang diampu oleh wartawan senior bapak Agung,  agar kader kader ‘Aisyiyah dapat menulis dan mengemas berita secara apik dan menarik minat pembaca.   Hal ini sejalan dengan program LPPA yang fokus pada publikasi seluruh kegiatan yang dilakukan ‘Aisyiyah dari Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA ) sebagai ujung tombak hingga kegiatan di Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah.

Sebagian peserta yang mengikuti pelatihan

Pelatihan dipandu oleh ibu Farah dan ibu Ninin Karlina dari Tim  KATAVID di LLHPB PWA Jateng. Jadwal acara dimulai dari jam 10.00 – 12.00 wib. Setelah mendengar paparan dari bapak Agung kami diberi kesempatan untuk bertanya dan selanjutnya langsung diberi tugas menulis dan dikirim di grup WA.  Dari banyaknya berita yang dikirim di grup adalah indikasi bahwa semua paserta sangat antuas dengan kegiatan ini. Bagi saya pribadi ada yang sangat menarik yaitu ulasan wartawan senior bapak Agung yang disampaikan dengan menggunakan audio. Seluruh naskah berita dikomentar satu persatu dengan sabar dan diberi masukan untuk lebih baik. Karena menurut beliau tidak ada naskah berita yang salah, tapi yang perlu diperbaiki lagi.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kader ‘Aisyiyah yang  senang dan mau belajar menulis. Karena ‘Aisyiyah telah menyediakan media untuk menampung kreasi menulis dalam bentuk apapun bagi anggotanya melalui website ‘Aisyiyah  yang telah ada. ‘Aisyiyah berharap dengan tulisan tangan yang kita buat dan diunggah  di website ‘Aisyiyah, selain sebagai bentuk karya kita yang patut kita hargai juga sangat bermanfaat orang lain. Karena itu ada seni menulis yang harus kita pelajari salah satunya pelatihan menulis saat ini.

‘Aisyiyah membuat website untuk mempublikasikan seluruh kegiatan yang telah dilakukan semata mata untuk syi’ar, bukan untuk pamer / riya’. Yang baik dan telah dilakukan di suatu daerah bisa dicontoh oleh daerah yang lainnya. Selain itu dengan syi’ar lewat media juga diharapkan dapat menginspirsi seluruh masyarakan Indonesia bahkan masyarkat di dunia umumnya.

Fastabiqul Khoirot.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari