'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Penyerahan Komposter dan Bibit Tanaman Kepada PDA Gianyar
12 September 2020 16:29 WIB | dibaca 274

GIANYAR, BALI – Dalam rangkaian kegiatan keluarga lenting, sebagai program kemitraan Pimpinan Pusat 'Aisyiyah (PPA) bersama The Asia Foundation, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (LLHPB PWA) Bali melaksanakan program sosialisasi, edukasi, dan penyerahan komposter serta bibit tanaman kepada Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Gianyar. Pentingnya kegiatan ini dalam menjaga kesehatan perempuan khususnya. Sehingga memberikan manfaat kepada keluarga atau komunitas kurang mampu, bisa lenting dan bertahan dalam situasi pandemi Covid-19.

Penyerahan komposter dan bibit tanaman, dilaksanakan pada hari Sabtu (29/8), pukul 09.00 sampai selesai. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gianyar, Ketua PDA Bangli, dan ibu-ibu 'Aisyiyah daerah Gianyar. Kegiatan ini bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Gianyar, Jl Astina Selatan No. 19, depan Makam Pahlawan Gianyar. Penyerahan komposter oleh Ketua LLHPB PWA Bali, Setyarti, S.S., M.Hum. kepada ketua PDA Gianyar, Maida Nela, serta didampingi oleh Wakil Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) wilayah Bali, Fajar Budi Santosa dan Sekretaris PDM Gianyar Nur Rofik. Beliau sangat berterimakasih dan senang, selain mengaji melalui media dakwah dapat mentransfer keilmuan mengenai komposter sehingga bermanfaat bagi teman-teman muslim dan non muslim. Sangat diharapkan ada tidak lanjut atas dakwah di bidang pertanian. Demikian halnya oleh Wakil Ketua MCCC wilayah Bali, dengan adanya komposter ini dapat bermanfaat dan lebih efektif bagi warga Gianyar atau umat. Diharapkan dapat bersinergi dengan MCCC daerah Gianyar.

“Melalui komposter yang telah diterima dapat berguna dan bermanfaat bagi warga sebagai alat dakwah di daerah Gianyar," demikian ungkapan ketua PDA Gianyar. Beliau bersama ibu-ibu 'Aisyiyah Gianyar sanat berterimakasih dengan mendapatkan komposter tersebut. Sehingga dapat digunakan sebagai ladang dakwah dan mempererat tali silaturami antar warga muslim dan nonmuslim di daerah Gianyar.

Setelah penyerahan komposter, Ketua LLHPB PWA Bali menyampaikan agar memilah sampah rumah tangga berdasarkan jenisnya. Dengan memilah sampah akan memunculkan produk baru, contohnya sampah plastik dapat dijadikan produk baru dan sampah organik menjadi kompos. Dengan adanya komposter dapat menjaga keluarga lenting dan lentur dalam menghadapi situasi Covid-19.

Tim LLHPB PWA Bali menyampaikan edukasi dan sosialisasi mengenai penggunaan komposter oleh Dr. Novena Ade Fredyarini, S.S. M.Hum; cara tanam bibit pokcoy, kangkung darat oleh Dra. Sri Indriani Haryati, dan cabe rawit, serta bertahan hidup pada masa pandemi Covid-19 melalui komposter sederhana oleh Inti Trisginarsih, ST.

Walaupun menerima satu set komposter, yaitu komposter, sekop kecil, alat semprot plastik, dan tiga bibit tanaman, tetap membuat semangat dan antusias ibu-ibu 'Aisyiyah Gianyar menyimak dan berdiskusi untuk mendapatkan pengetahuan lebih luas. Setelah mendapatkan pemahaman baru di bidang pertanian yang dapat diterapkan di rumah masing-masing warga, sebagai tindak lanjut ibu-ibu akan mensosialisasikan pada teman-teman 'Aisyiyah dan nonmuslim di kalangan ibu-ibu PKK, membuat inovasi alat komposter secara mandiri, dan menjadi produsen kompos siap jual. (Nove/LLHPB PWA Bali)

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari