'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Semangat Sinergi dalam Gerakan Penghijauan 100 Pohon
28 Desember 2020 20:34 WIB | dibaca 300
 
KUDUS - Ahad Pagi yang cerah, 27 Desember 2020 pukul 08.00 WIB, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Kudus siap menghijaukan warga 'Aisyiyah di Kabupaten Kudus.
 
Hari Menanam Pohon Indonesia atau sering disebut sebagai HMPI diperingati setiap tanggal 28 November. Peringatan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2008. Di dalam amanah presiden pada saat itu, masyarakat diminta menanam minimal 1 pohon per orang, atau dikenal dengan istilah One Man One Tree.
 
Dengan adanya tugas dari LLHPB PWA, maka hari Ahad, PDA LLHPB Kudus menindaklanjuti dengan aksi menanam pohon di bulan Desember yang jatuh pada tanggal 27 Desember 2020 di halaman Wisma Lansia Aisyiyah Kudus
 
Ketua PDA LLHPB Kudus, Ibu Yuli, melaporkan bahwa PDA Kabupaten Kudus sudah menjalin sinergi dengan MDMC, Tapak Suci, IMM Kabupaten Kudus, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup dan Djarum Foundation yang akan melaksanakan aksi menanam pohon ini. Adapun jumlah pohon yang akan ditanam sejumlah 20 bibit pohon dari Dinas Pertanian dan Lingkungan Hidup, 30 bibit pohon dari MDMC dan 50 bibit pohon dari Djarum Foundation . Jadi, semua bibit pohon sejumlah 100 buah. 
 
Aksi penanaman 100 bibit pohon ini dihadiri secara terbatas, yakni sekitar 20 orang, karena saat ini Kudus masih rawan. 
 
Ketua PDA Kabupaten Kudus, Hj. Khosifah, S.Pd.I menyampaikan bahwa aksi penanaman pohon ini kegiatan perdana LLHPB Kudus yang diketuai Ibu Yuli yang menggantikan almh. Ngatini. Beliau mengharap dengan diawali kegiatan ini maka LLHPB Kudus semakin semangat dan siap membantu dengan bersinergi dengan yang lain
 
Beliau juga menyampaikan bahwa merawat pohon dan merawat lingkungan adalah merupakan kewajiban, “Karena meskipun kita akan mati besok, itu kita masih disunnahkan untuk menanam pohon. Karena apa? Karena nanti kita akan mewariskan itu kepada anak cucu kita atau orang lain yang akan mengambil manfaatnya. Wamayya’mal mitsqaala dzarratin khairayyarah. Sebesar apapun kebaikan yang kita lakukan nanti akan mendapatkan balasan dari Allah di akhirat."
 
Ketua MDMC Kudus Bapak Rusmanto juga ikut memberikan sambutan yang menyampaikan bahwa adanya sinergi ini maka semakin mempererat persaudaraan dan siap tanggap keadaan sekitar kabupaten Kudus. One Muhammadiyah, One Response! 
 
Ke depannya MDMC akan mengadakan kegiatan sinergi ini dengan menanam 1000 pohon di daerah Pati Ayam. Yang seharusnya terlaksana namun terhambat adanya pandemi ini.
 
Dengan menanam pohon merupakan amal jariyah karena banyak sekali manfaat yang akan mengalir. Menanam pohon juga termasuk sedekah, jadi insyaAllah akan banyak yang menerima manfaat dari apa yang kita tanam, tanpa kita sadari kita juga bersedekah kepada sesama makhluk. Untuk itu 100 bibit pohon ini nanti akan disedekahkan ke seluruh amal usaha Aisyiyah dan Muhammadiyah
 
Acara ditutup dengan doa yang disampaikan Ibu Hj. Hindun, A.Md. Setelah acara selesai semua para tamu undangan di arahkan halaman Wisma Lansia.
Penanaman Pohon diawali oleh Ketua PDA Hj Khosifah,S.Pd.I, lalu Ketua MDMC Kabupaten Kudus Bapak Rusmanto, yang ketiga pasukan LLHPB Kabupaten Kudus, yang ke empat pasukan Tapak Suci, yang ke lima IMM, dan terakhir gabungan semua unsur Aisyiyah, Muhammadiyah dan AMM.
 
Semoga kegiatan ini mampu menghijaukan sekitar kabupaten Kudus. 
Salam Tangguh!
Tangguh! Tangguh! Yes!
 
(Yuli/LLHPB PDA Kudus)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari