'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Silaturahim Pelaku Penanggulangan Bencana di Sumedang
10 Oktober 2016 11:51 WIB | dibaca 589

Tanggal 8 Oktober 2016 usai sholat Isya’ ada silaturahmi dengan para pihak pelaku penanggulangan bencana di Sumedang. Sebagai tuan rumah adalah Dandim 0610 Sumedang, Letkol Inf. Sri Wellyanto dan Kasdim Mayor Inf. A. Budi Cahyanto. Silaturahmi tersebut juga di hadiri Kapolres Sumedang, Ketua BPBD Sumedang, MDMC Sumedang, MDMC Jawa Barat, MDMC PP Muhammadiyah, Pengurus PWA Aisyiyah,  Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana PP Aisyiyah.

Silaturahim  tersebut merupakan ajang temu muka dan koordinasi terhadap situasi terkini  terkait dengan respon bencana baik evakuasi, dapur umum, pengungsi maupun terkait dengan rehabilitasi dan rekonstruksi diantaranya tentang rencana relokasi dan berbagai sharing lainya.

Penanggulangan bencana sebagai gerakan seluruh umat terlihat jelas di sini. Sebagaimana dalam UU Penanggulangan Bencana No. 24 Tahun 2007, bahwa bencana adalah sebuah kejadian luar biasa yang menyebabkan kerugian baik  kehilangan nyawa, kerugian harta serta kerusakan lingkungan. Semua itu membutuhkan gerakan seluruh umat, seluruh komponen masyarakat, baik dari pemerintah, masyarakat, maupun kelompok private sector.

Paradigma atau cara pandang penanggulangan bencana seharusnya di arahkan tidak hanya untuk respon bencana namun berparadigma pengurangan risiko bencana, hal ini semata demi mengurangi dampak resiko bencana yang terjadi. Namun paradigm tersebut tidak mudah di pahami, dan banyak kegiatan pengurangan risiko bencana yang lahir dari kejadian respon bencana, sehingga dalam Bahasa lainnya disebut sebagai responds to preparedness, yaitu kegaiatan respons bencana yang melahirkan kesadaran untuk melakukan kesiapsiagaan.

Widya Rinanti ST, pengurus LLH PB PWA Jawa Barat menyampaikan bahwa kejadian bencana di Sumedang dan Garut ini meyakinkan kita bahwa penguatan perempuan dalam bidang bencana dan lingkungan adalah kebutuhan mendesak terutama dalam lokasi – lokasi yang rawan bencana.

Lembaga Lingkungan Hidup Pengulangan Bencana PP Aisyiyah yang saat itu di wakili oleh Hening Purwati Parlan, Erni Juliana Hasanah dan Muswarna menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan kapasitas dalam bidang lingkungan dan penanggulangan bencana untuk lingkungan Aisyiyah. (hening)

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari