'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Silaturahmi dan Monev LLHPB PWA DKI Jakarta ke Kampung Kerang Hijau
27 September 2020 21:27 WIB | dibaca 307
 
JAKARTA UTARA - Pernah merasakan berjalan di atas kasur? Itulah yang saya rasakan ketika pertama kali menginjakkan kaki di sini sekitar 10 (sepuluh) tahun yang lalu. Ternyata yang kami injak itu adalah jalan yang diurug dengan tumpukan kulit kerang yang di bawahnya masih berair, dengan aroma ikan asin yang sedang dijemur. Subhanallah, inikah Jakarta?
 
Alhamdulillah, sekarang lingkungannya jauh lebih baik, lebih sehat, jalan dan gang sudah dibeton, rawa yang dulu digunakan sebagai tempat pembuangan kulit kerang sekarang sudah jadi lapangan olahraga dan tempat bermain anak.
 
Ketika Ibu-Ibu dari PDA Jakarta Utara datang dan menawarkan program kelentingan keluarga dengan budikdambernya, warga Kampung Kerang Hijau menyambut dengan penuh rasa harap, ini akan menjadi salah satu solusi yang Allah berikan. Namun, dalam pelaksanaan, jalan yang ditempuh tidak terlalu mulus. Lele banyak yang mati, sementara sayur yang baru bersemi, habis dimakan tikus. Wajar, di sana memang banyak tikus berkeliaran, karena hampir setiap rumah ada kegiatan gunting beseng, yaitu pekerjaan menggunting kepala ikan beseng kering, dan menggunting badannya sampai se-ukuran ikan teri Medan. Ini adalah kegiatan Ibu-Ibu untuk menambah pendapatan keluarga yang di masa pandemi ini masih tetap berlangsung.
 
Yang sedih bukan mereka saja, kami lebih sedih lagi. Tapi, ini tidak merubah keadaan. Maka, mereka berinisiatif memindahkan sebagian lele ke kolam, dan segera menabur benih untuk mengganti sayur yang mati. Harapannya, ini dapat menjadi solusi agar program ketahanan keluarga dapat tercapai dengan baik. (Anisah Nur/PDA Jakarta Utara) 
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari