'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sinergi LLHPB dan MCCC Jawa Tengah dalam Membangun Keluarga Tangguh Menghadapi Covid-19 (KATAVID)
08 Januari 2021 14:21 WIB | dibaca 260
 
 
 
Selayang Pandang KATAVID
 
KATAVID (Keluarga Tangguh Menghadapi Covid-19) merupakan program kerja Divisi Kemasyarakatan MCCC Jawa Tengah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan ketrampilan bagi warga ‘Aisyiyah di tingkat Daerah, Cabang, dan Ranting se Jawa Tengah akan pentingnya melakukan upaya pencegahan Covid-19 dimulai dari keluarga. Program KATAVID ini dikelola oleh LLHPB PWA Jateng, dan dilaksanakan oleh LLHPB PDA se Jateng dengan berkoordinasi kepada Posyan MCCC di masing-masing PDM. 
 
Ragam Kegiatan
 
Program KATAVID ini terdiri dari 7 (tujuh) kegiatan utama:
1. Gerakan Cepat Tanggap Covid-19
2. Gerakan Penggalangan Paket Shodaqoh
3. Gerakan Penguatan Ketahanan Ekonomi Keluarga
4. Gerakan Warung Hidup dan Pembuatan Masker Kain
5. Gerakan Sosialisasi dan Edukasi PHBS
6. Gerakan Dakwah Digital Perempuan Islam Berkemajuan
 
Proses Penyelenggaraan
 
Terdapat Juklak dan Juknis penyelenggaraan KATAVID yang diedarkan ke seluruh LLHPB PDA se Jawa Tengah untuk melaksanakan masing-masing gerakan tersebut, di mana setiap gerakan tersebut dikoordinasikan dengan Majelis/Lembaga terkait di PDA masing-masing. Setiap 2 minggu sekali LLHPB PWA Jateng mengundang rapat koordinasi LLHPB PDA secara daring untuk menyampaikan update kegiatan yang dilaksanakan oleh tim KATAVID masing-masing LLHPB PDA.
 
Hasil Program 
 
Hasilnya, telah dibentuk sebanyak 27 (dua puluh tujuh) gugus tugas KATAVID di tingkat PDA yang di-SK-kan secara resmi oleh ketua PDA. Laporan kegiatannya disampaikan kepada Posyan MCCC di tiap PDM. Kegiatan KATAVID menghasilkan sebanyak 145 (seratus empat puluh lima) tulisan yang dipublikasikan di berbagai media daring. 
 
Keberlanjutan Program
 
Kegiatan KATAVID mendapatkan apresiasi dari LLHPB Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah dengan disetujuinya proposal dukungan dana dari The Asia Foundation untuk melaksanakan kegiatan “Meningkatkan Kelentingan Keluarga dan Komunitas dalam Masa Pandemi Covid-19” melalui pengelolaan sampah menggunakan komposter di 7 (tujuh) Amal Usaha Aisyiyah TK ABA, 2 (dua) TPA/ TPQ, dan 18 (delapan belas) Warga Binaan PRA Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo pada Juli – Oktober 2020. Total penerima manfaat program tsb sebanyak 65 KK.
 
Penasaran dengan seperti apa konsep kegiatan KATAVID? Simak Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknisnya di sini
 
-----
 
Kontributor: Dzikrina Farah Adiba (Wakil Sekretaris LLHPB Jateng 2020 - 2022)
Editor: Redaksi llhpb.aisyiyah.or.id
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari