'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sinergi Majelis Lembaga PDA Klaten dalam Membangun Ketangguhan Menghadapi Pandemi Covid-19
20 September 2020 15:32 WIB | dibaca 393
 
 
KLATEN - Di masa pandemi Covid-19 di tahun ini, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulanggan Bencana Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (LLHPB PDA) Klaten bersinergi dengan semua majelis dan lembaga PDA Klaten.
 
Sejak awal pandemi, hampir semua majelis dan lembaga melaksanakan program masing-masing dalam rangka ikut membantu pemerintah menangani dampak Covid-19. Pada Senin (17/8), Majelis Dikdasmen membagikan kuota gratis kepada 110 siswa kurang mampu. Majelis Tabligh melaksanakan pengajian online yang berlangsung rutin sejak awal pandemi sampai sekarang. MKS dan M KES membagikan APD dan masker kepada PKU Muhammadiyah dan RSI di Klaten serta warga 'Aisyiyah melalui PCA se-kabupaten. Kemudian Majelis Ekonomi membagikan sabun cuci tangan dan menggerakkan pemanfaatan lahan di sekitar rumah dengan ditanami sayur mayur, peternakan ayam, lele, dsb. Majelis dan lembaga yang belum disebutkan turut membantu majelis/lembaga lainnya dalam rangka melaksanakan program bersama.
 
Program yang dilaksanakan oleh Majelis Ekonomi dimaksudkan untuk mendukung program ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 yang dilaksanakan pemerintah. Majelis Ekonomi dan LLHPB memberikan instruksi pada Pimpinan Cabang 'Aisyiyah (PCA) dan  Pimpinan Ranting 'Aisyiyah (PRA) agar lingkungan rumah warga 'Aisyiyah bisa dimanfaatkan untuk ketahanan pangan.
 
Kegiatan penanaman sudah dilaksanakan selama bulan April sampai sekarang. Melalui pemanfaatan lahan pekarangan, diharapkan semua warga 'Aisyiyah terlibat dalam kegiatan ketahanan pangan untuk memberdayakan  lingkungan, menekan pengeluaran, dan menambah  pemasukan (income) keluarga.
 
Dengan cara menginstruksikan dan memberikan pendampingan kepada warga 'Aisyiyah di semua ranting bekerja sama dengan Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjan di semua tingkatan. Selain itu, semua cabang di Kabupaten Klaten peduli untuk membantu korban terdampak Covid-19 dengan membagikan sembako, dan lain-lalin.
 
Penulis : Hj. Umi Fatimah (PDA Klaten)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari