'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Surat Edaran LLHPB PP 'Aisyiyah tentang Green Iduladha 1443 H
20 Juni 2022 09:08 WIB | dibaca 266

Surat Edaran LLHPB PP 'Aisyiyah Nomor 020/PPA-N/VI/2022 tentang Green Iduladha 1443 H,

dapat diunduh di sini

 

-------------

 

  

 

Kepada Yth.

Ketua Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB)

Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) se Indonesia

di tempat

 

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

 

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

 

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (QS. Al Baqarah: 30)

 

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjukNya bagi kita semua dalam menjalankan organisasi dan aktivitas sehari-hari.

 

Dalam rangka menyongsong Green Iduladha pada bulan Dzulhijjah 1443 H mendatang, diharapkan LLHPB tingkat wilayah mensosialisasikanpengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai, sampai ke tingkat daerah, cabang dan ranting, dan melakukan kerjasama dengan Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom, maupun Amal Usaha Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah di sekitarnya.

 

Adapun macam kegiatan yang direkomendasikan antara lain:

 

1.       Melakukan penyebaran informasi untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai, dengan materi informasi yang sudah disediakan oleh LLHPB dan mitranya, maupun membuatnya bersama di lingkungan wilayah, daerah atau cabang.

 

2.       Secara khusus menyampaikan kepada Pengurus Masjid, Majelis Taklim, maupun jaringan yang akan melaksanakan Sholat Iduladha 1443 H, untuk memasukkan pesan pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai, maupun topik Iduladha yang lebih ramah lingkungan, di dalam khutbah atau tausiyahnya.

 

3.       Mengganti penggunaan kantong plastik sekali pakai dengan wadah alternatif lainnya yang lebih ramah lingkungan, dan bisa mudah didapatkan di sekitar kita, misalnya: daun jati, anyaman, daun pisang, lontar, dan lain sebagainya.

 

4.       Menuliskan praktik baik dalam melaksanakan Green Iduladha 1443 H, dilampiri dengan foto-foto terbaik, dan menyampaikan kepada:

·     Sekretariat LLHPB, melalui email: llhpbaisyiyahindonesia@gmail.com, untuk dipublikasikandi Sistim Informasi ‘Aisyiyah (SIA) atau web LLHPB: http://llhpb.aisyiyah.or.id/

·     Redaksi Majalah Suara Aisyiyah, melalui email: suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id, untuk dipublikasikan di website Suara Aisyiyah https://suaraaisyiyah.id/

 

Demikian edaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Ibu, kami mengucapkan terima kasih. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan kepada kita, dan melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita. Aamiin yaa rabbal aalamiin.

 

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

 

Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB)

 

Tertanda, 

Ketua: Dra. Hj. Nurni Akma

Sekretaris: Tri Lestari Masduki

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari