'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Tanam 100 Pohon dan 250 Sayur dengan Pola Asuh, Langkah Awal LLHPB PWA Riau Bangun Kesadaran Merawat Tanaman
09 Desember 2021 20:26 WIB | dibaca 43
 
PEKANBARU, llhpb.aisyiyah.or.id - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (LLHPB PWA Riau) melaksanakan penanaman pohon di lahan gambut sebanyak 100 pohon dan sayur sebanyak 250 batang dengan pola asuh di SMK Muhammadiyah UK Kota Pekanbaru pada Kamis (9/12). Proses penanaman dilakukan di tempat yang telah dipersiapkan sebelumnya.
 
Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Wirdati Irma, S.Pd, M.Si. selaku Ketua LLHPB PWA Riau, Dra. Mudarni Hidayati selaku Koordinator LLHPB PWA Riau,  Bapak Muhyadi selaku penjaga sekolah sebagai bapak asuh dari penanaman pohon dan sayur di lokasi, juga dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa Biologi 2020, mahasiswa kimia 2021 dan juga dari organisasi IMM.
 
Dalam kegiatan tersebut LLHPB PWA RIAU bersama mahasiswa dan IMM melakukan penanaman tanaman dan sayuran di SMK Muhammadiyah UK. Adapun dalam kegiatan tersebut tanaman yang ditanam berupa sirsak, rambutan, kelengkeng, dan juga durian. Begitu juga dengan sayur-sayuran, di sana terlihat beberapa sayuran seperti kacang, mentimun, dan jagung. Seusai program, LLHPB PWA Riau akan merawatnya dengan pola asuh dan setiap minggunya akan dipantau secara berkala.
 
Program ini memberikan pembelajaran penting mengenai urgensi dan vitalitas fungsi serta manfaat penanaman pohon dan sayuran dengan pola asuh bagi kehidupan di muka bumi ini. Melihat kondisi saat ini dimana kebutuhan masyarakat yang makin meningkat dari waktu ke waktu, maka program ini menjadi salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan di masa yang akan datang. Namun, yang menjadi permasalahan adalah peningkatan pengetahuan tersebut belum diikuti dengan makin meningkatnya kesadaran dan kemauan masyarakat untuk melaksanakan aksi menanam dan memelihara pohon dengan pola asuh. Hal ini merupakan kenyataan yang sedang kita hadapi sekarang ini. 
 
Di samping itu, kita juga sedang menghadapi kenyataan bahwa populasi pohon di lingkungan sekitar kita bukan makin bertambah, tapi justru makin menurun tajam dari waktu ke waktu. Pohon-pohon tergusur atas nama kemajuan dan oleh kekuasaan pembagunan infrastruktur. Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat memberikan konsekuensi makin meningkatnya kebutuhan papan, serta marak pembalakan liar habitat hutan untuk memenuhi keserakahan kepentingan perekonomian, baik perseorangan maupun kelompok.
 
Rangkaian program Penanaman Pohon dan Sayur dengan Sistem Pola Asuh LLHPB PWA Riau yang bekerja sama dengan LLHPB PP Aisyiyah dan Lazismu menjadi salah satu langkah awal penyadaran pentingnya merawat tanaman dengan pola asuh, sehingga nantinya kita dapatkan hasil yang maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat. *(fahmi/fah)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari