'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Tangguh Hadapi Covid-19 Manfaatkan Pekarangan Sebagai Taman Obat Keluarga
19 Mei 2020 16:14 WIB | dibaca 285

Sebuah rumah akan tampak asri ketika ditanami tumbuhan, baik di pekarangan maupun didalam ruangan. Buah-buahan, tanaman berdaun, hingga bunga bisa dijadikan pilihan. Banyak yang tidak menyadari bahwa dari sekian banyak tumbuhan yang hidup di pekarangan terdapat tanaman herbal yang bermanfaat sebagai obat alami.

Tanaman herbal adalah tumbuhan berupa daun atau bunga atau lainnya yang mengandung banyak zat aktif untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit. Tanaman ini beragam jenisnya dan kerap disebut sebagai tanaman obat keluarga (TOGA).

Ibu Robiul Fitri, salah satu anggota Tim Gugus Tugas Katavid PDA Kabupaten Magelang yang tinggal di Dusun Wonosuko, Tegalrejo. Bu Fitri sapaan akrabnya memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman obat keluarga (toga). Pentingya kesadaran akan manfaat dari tanaman obat ini terutama untuk kesehatan membuat beliau tergugah untuk menanam.

Yang ditanam diantaranya sereh, laos, kunyit, temulawak, lidah buaya, sirih, kapulogo, binahong, pandan, jahe merah, bengle, jeruk nipis. Manfaat dari tanaman herbal ini beragam mulai digunakan untk mencegah flu, masuk angin hingga penyakit serius lainnya.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari