'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Team Work dalam Membangun Keluarga dan Komunitas Lenting di DKI Jakarta
05 Oktober 2020 18:00 WIB | dibaca 678
 
 
JAKARTA UTARA - Bekerjasama dalam kelompok (team work), bagi sebagian orang mudah diucapkan, namun sulit untuk dilakukan.
 
Kelompok adalah sejumlah orang yang berhubungan (berinteraksi) antara satu dengan lainnya yang secara psikologis sadar akan kehadiran yang lain dan yang menganggap diri mereka sebagai suatu kelompok. Ciri-ciri kelompok antara lain terdiri atas 2 orang atau lebih, terdapat interaksi yang terus-menerus, adanya pengembangan identitas kelompok, adanya norma-norma kelompok, adanya diferensiasi peran, serta peran yang saling tergantung.
 
Team work atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok yang bertujuan mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya. Harus disadari bahwa team work merupakan peleburan berbagai pribadi menjadi satu, untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut, bukanlah tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, bukan pula tujuan yang paling populer di tim.
 
Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk saling bergandengtangan menyelesaikan.pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksud dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama.
 
Saling mengerti dan saling mendukung satu sama lain, merupakan kunci kesuksesan dalam team work. Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan ini. Meskipun terjadi perselisihan antarpribadi, namun dalam tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak, kehidupan dalam tim jelas akan terganggu. Bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan. Maka, sangat penting untuk menyadari bahwa kebersamaan sebagai tim di atas segalanya.
 
Kekompakan tim tidak bisa dipaksakan, tapi bisa diciptakan, karena kekompakan sebuah tim jelas merupakan hal yang sangat penting. Karena kita semua memiliki satu tujuan yang sama. Dengan memiliki tujuan yang sama, maka seluruh anggota tim harus dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik.
 
Program Keluarga dan Komunitas Lenting akan berakhir pada medio awal bulan Oktober 2020. Tidak terasa sudah terjalin kebersamaan selama lebih kurang 4 (empat) bulan dalam team work ini. Tapi, kebersamaan yang baik ini tidak akan pernah hilang. Akan tetap kita jaga, kita rawat, baik dalam kelompok yang sama dan atau kelompok yang lain.
 
Tiada gading yang tak retak, Alhamdulillah team work kita secara formal dan informal serta struktural, Allah jaga sampai kegiatan ini berakhir, puji syukur terselesaikan tugas kita, biidznillah dengan baik, kesempurnaan hanya milik Allah, semoga Allah selalu melindungi atas kekurangan hasil kita bersama.
 
Dengan mengucapkan Alhamdulillah, izinkan kami Manager 5 menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga atas kerjasama semua pihak. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Ketua PP Aisyiyah, Ketua LLHPB PP Aisyiyah, Management TAF, Team Pusat Program Keluarga dan Komunitas Lenting, Program Manager, Program Advisor, Finance Manager, Knowladge Management Officer, Management Pusdatin Media Lenting, 16 Management Area, Ketua PWA DKI Jakarta, Management RSIJ Sukapura, Jajaran PDA Jakarta Utara, Jajaran PDM Jakarta Utara, DPP IMM Bidang Kesehatan, TVMU, Keluarga Lenting Kampung Sawah, Kalibaru dan Marunda, serta para stackholder.
 
"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran" (QS. Al Maidah ayat 2) 
 
Azas agama Islam, adalah hidup bersama dalam hubungan seseorang dan masyarakat karena setiap individu memiliki keterbatasan, manfaat-manfaat yang diperoleh dari masyarakat tidak pernah sebanding manfaat-manfaat yang diperoleh dari individu karena keterbatasannya.
 
Oleh karena itu, agama Islam memerintahkan kepada pengikut-pengikutnya dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan baik selalu bekerja sama dengan orang lain dan ketika individu individu bekerja sama dan memiliki hubungan kemasyarakatan, spirit persatuan yang berhembus dalam anatomi mereka akan menjaga mereka dari perpecahan, sehingga Islam sangat memandang penting keikut sertaan dalam masyarakat. 
 
Sebuah institusi penelitian yang fokus pada altruisme mengadakan sebuah penelitian tentang Cinta Tanpa Balas dan menemukan bahwa orang-orang yang memberikan kebaikan kepada orang lain, tingkat kesehatannya meningkat secara senang, dan kesenangan yang muncul akan membuat kita cenderung melakukan kebaikan. 
 
Berbuat baik bukan saja menyenangkan penerimanya, tapi juga pemberinya, untuk melakukan kebaikan pula dengan cara mereka sendiri. Salam team work untuk kita semua. (Nurhayati/PDA Jakarta Utara, Muhammadiyah Senior Care MSC RSIJ Sukapura)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari