'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
The Power of Family Resilience
01 Oktober 2020 16:16 WIB | dibaca 271
 
JAKARTA UTARA - Apakah yang dimaksud dengan family resilience atau ketangguhan  keluarga? Apakah keluarga yang tangguh hanyalah keluarga yang dapat mengentaskan dirinya dari krisis kemiskinan? Seperti apa keluarga yang tangguh? Apakah family resilience sekedar teori yang tidak dapat ditemui dalam dunia nyata?
 
Ketangguhan keluarga bukanlah mimpi dan teori, banyak cerita yang menjadi buktinya, Ketika wabah pandemi COVID-19 melanda kita semua, saatnya keluarga untuk membangun ketangguhannya, bersama-sama sebagai satu kesatuan unit sosial yang menjadi pembentuk masyarakat. Family resilience disaat penuh kegentingan seperti saat ini,menjadi kekuatan yang sangat dibutuhkan, dan Indonesia tentu  diharapkan memiliki keluarga-keluarga yang tangguh untuk menang menghadapi pandemic COVID-19.
 
Menghadapi bencana ini Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan dan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) serta Karantina Kesehatan, agar dapat memutus mata rantai penularannya. Dengan PSBB diharapkan pertemuan tatap muka serta kerumunan sebagai sumber penularan penyakit semakin berkurang, aktivitas yang memerlukan interaksi tatap muka kemudian dialihkan melalui digital. Kantor-kantor dan sekolah diliburkan, aktivitas bekerja dan.belajar dilakukan dari rumah (Work from Home, Learn from Home
 
Dalam kondisi seperti ini, tidak ketinggalan Organisasi Islam yang terbesar di Indonesia turut ambil bagian. Tentunya kita semua tidak asing lagi dengan Organisasi-Perserikatan  yaitu Muhammadiyah dan 'Aisyiyah. Langkah yang dilakukan Muhammadiyah sejak 15 Mei 2020, antara lain pembagian masker, penyemprotan desinfektan, pembagian handsanitizer, bantuan makanan, diststribusi APD Medis, pembagian sembako, pembagian, dana tunai kaum dhuafa.
 
Secara bersamaan Pimpinan Pusat 'Aisyiyah melalui Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana turut peran serta juga melalui Gerakan Keluarga Resilience/Lenting dengan 4 (empat) hal, yaitu, keluarga sehat, keluarga hijau, smart logistik serta care dan share peduli sesama, yang pendanaannya dari The Asia Foundation (TAF).
 
Gerakan tersebut di peruntukan-dibagi  kepada 16 (enam belas) PWA di seluruh Indonesia dengan sebutan 16 (enam belas) Area Manager PWA DKI Jakarta, termasuk usulan program nya yang disetujui, melalui PDA Jakarta Utara dengan penetapan program kegiatan Kelentingan Keluarga melalui Edukasi tentang situasi pandemi dan Edukasi perilaku hidup sehat, yang pelaksanaanya diagendakan dan di jadwalkan mulai bulan Juli sampai dengan September 2020.
 
Masyarakat di wilayah Kampung Sawah, Marunda, dan Kalibaru adalah wilayah yang menjadi pilihan binaan PDA Jakarta Utara untuk melaksanakan program kegiatan kelentingan keluarga dimaksud. Rangkaian dan tahapan yang di lakukan pada 3 (tiga) wilayah tersebut adalah :
 
*Koordinasi dalam Team Area 5, melalui Zoom Meeting
*Koordinasi lanjutan dalam Team Area 5, melalui Zoom Meeting
*Edukasi Hidup Sehat Selama Pandemi oleh Direktur Pelayanan Medim RSIJ Sukapura, melalui Zoom Meeting
*Penyuluhan budi daya ikan lele dan sayuran sekaligus Penyerahan bibitnya di Kampung Sawah.  
*Penyuluhan budi daya ikan lele sayuran sekaligus Penyerahan bibitnya di Maruda. 
*Edukasi keluarga lenting hidup sehat selama pandemi dan penyuluhan budidakber serta penyerahan bibit, Kalibaru.
*Monitoring dan Evaluasi I di  Marunda  
*Kerja sama lanjutan dengan dengan RSIJ Sukapura, tetap edukasi hidup sehat.
*Monitoring dan Evaluasi I, di Kampung Sawah
*Monotoring dan Evaluasi  I, di Kalibaru
*Koordinasi dengan Suku Dinas Perikanan dan Pertanian, sehubungan dengan bantuan bibit ikan dan sayuran
*Monitoring dan Evaluasi  ke II, Kampung Sawah, Kalibaru, Marunda 
 
Sebuah rangkaian panjang yang harus ditempuh melalui kerjasama antara Team Manager Area 5 dan pihak-pihak binaan. Tahapan kegiatan tersebut dituangkan dalam bentuk laporan, administrasi, keuangan, media dan lain-lainnya.
 
Ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Team Pusat (LLHPB), yang telah banyak memberikan reward, motivasi, attensi, support, doa, harapan, arahan, pendampingan  dan lain-lain kepada kami Team Manager 5, sebagai acuan dalam melaksanakan program kegiatan. Salah satu bentuk reward yang diberikan kepada kami adalah, diikut sertakan dalam  sosialisasi dan pendampingan melalui zoom meeting yang wajib harus di ikuti oleh setiap Team Manager. Rangkaian pertemuan secara virtual adalah sebagai berikut :
  1. Koordinasi Program dan Komunitas Lenting
  2. Pelatihan Manajemen Program Lenting
  3. Pelatihan Membuat Video Menggunakan HP
  4. Koordinasi Pembahasan Laporan
  5. Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Via Smartphone
  6. Koordinasi Tehnis Pembuatan Laporan
  7. Silaturahmi dan Dialog Bersama Ketua PP 'Aisyiyah dan Country Representative TAFI
  8. Rakor Laporan Akhir dan Rencana Tindak Lanjut Program Lenting 
Alhamdulillah, programnya sudah selesai, namun kekuatan dari keluarga lenting akan tetap ada dan berkesinambungan terus serta berkembang secara terus menerus membentuk keluarga lenting yang baru. (Nurhayati/PDA Jakarta Utara, Muhammadiyah Senior Care RSIJ Sukapura)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari