'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Warga Pokolimo Siap Asuh 250 Benih Pohon dari LLHPB PDA Tulungagung
15 November 2021 10:14 WIB | dibaca 91
 
 
TULUNGAGUNG, llhpb.aisyiyah.or.id - Mendung mengiringi perjalanan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Tulungagung menuju Dusun Pokolimo, Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, yang berada di ketinggian 700-1000 km dari permukaan air laut.
 
"Setelah menempuh satu jam perjalanan kami sampai di lokasi. Kedatangan rombongan disambut senyum manis anak- anak dan kehangatan warga sekitar masjid. Hujan yang perlahan mulai deras juga menyapa kedatangan kami," tutur Endah, Sekretaris PDA Tulungagung. Ia menjelaskan, agenda kegiatan PDA Tulungagung saat itu adalah Launching Program Penanaman Pohon dan Sayur Dengan Pola Asuh.
 
Sementara itu, Siti Alfiah, S.Pd, Ketua PDA Tulungagung menceritakan bahwa tidak kali itu saja Aisyiyah Tulungagung melakukan gerakan penanaman pohon.
 
"Dua tahun silam PDA Tulungagung bersama MDMC melakukan penanaman 86.000 pohon yang disebar di berapa daerah di Tulungagung, namun hasilnya tidak begitu tampak," ujarnya. Dari pengalaman ini, kata Alfiah, PDA Tulungagung merespon tawaran program penanaman pohon dan sayur dengan pola asuh dari Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulan Bencana Pimpinan Pusat (LLHPB PP) 'Aisyiyah yang bekerja sama dengan Lazismu dan Sahabat Nabati.
 
Alasan dipilihnya Dusun Pokolimo, Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, sebagai tempat launching program adalah terjadinya banjir dan longsor yang menimpa dusun ini akibat hujan deras pada Juli lalu. Ada satu rumah warga yang rata dengan tanah. Kemudian, Muhammadiyah di bawah bendera One Muhammadiyah One Respon ikut berperan dalam pemulihan dampak tanah longsor tersebut, lanjutnya.
 
Sebanyak 250 benih pohon dari PDA Tulungagung kemudian dtitipkan untuk diasuh oleh warga setempat dengan harapan dapat dipelihara dengan baik agar bisa memberi manfaat kepada siapapun.
 
Launching dilaksanakan bertepatan dengan Milad 109 Muhammadiyah agar warga mudah menghitung usia pohon tersebut.
 
"Launching ini kami laksanakan berbarengan dengan Milad Muhammadiyah, supaya bapak dan ibu mudah mengingat dan menghitung usia pohon ini yang penanamannya tepat pada 109 tahun usia Muhammadiyah," tutup Alfiah.
 
Adapun jenis pohon yang diserahkan kepada penanggungjawab program terdiri atas jati mas, sengon, nangka, sukun, petai, dan jeruk purut.
 
Suroso selaku penanggungjawab program di Pokolimo merasa senang atas pemberian itu. "Berterimakasih dan bangga. Secara geografis, Dusun Pokolimo ini jauh dari pusat kota, namun selalu mendapat perhatian dari Muhammadiyah dan ortomnya," ucap Suroso.
 
Suroso berjanji akan menyerahkan bibit tanaman tersebut kepada warga yang dirasa mampu merawat dan mengasuh. "Saya berharap beberapa bulan ke depan LLHPB Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Tulungagung datang kembali ke Pokolimo untuk menengok bibit yang ditanam," tutupnya. *(iwan/endah/fah)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari