'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Info Organisasi
Tentang LLHPB
08 November 2020 16:48 WIB | dibaca 201
 
‘Aisyiyah adalah organisasi non-pemerintah Islam di Indonesia yang didedikasikan untuk pemberdayaan perempuan. ‘Aisyiyah dibentuk pada 19 Mei 1917 oleh Nyai Ahmad Dahlan untuk memfasilitasi akses perempuan ke pendidikan, pelayanan kesehatan, dan layanan sosial. Organisasi ini bekerja di banyak sektor melalui Majelis dan Lembaga di antaranya adalah dukungan untuk mata pencaharian, dukungan pengembangan usaha kecil, layanan keluarga berencana, perawatan ibu dan anak, panti asuhan, pelatihan untuk ulama perempuan Muslim, dan prasekolah standar melalui pendidikan tingkat universitas, dll.  Saat ini 'Aisyiyah mengelola 4.560 satuan pendidikan, 280 fasilitas kesehatan, 459 organisasi sosial, 503 industri usaha kecil. 'Aisyiyah saat ini memiliki jaringan yang tersebar luas di 34 Provinsi, 370 Daerah Kabupaten/Kota, 2.332 cabang/ Kecamatan, dan 6.924 ranting/ desa.
 
LLH PB dibentuk untuk menyelamatkan alam dan kehidupan manusia dari dampak lingkungan dan bencana melalui pelaksanaan kegiatan manajemen yang berkelanjutan. Kegiatan yang sudah dilaksanakan di antaranya adalah penanaman pohon, kampanye zero sampah plastik, dan berbagai pelatihan. Sedangkan dalam aspek manajemen bencana, telah dilakukan berbagai respons terhadap kebutuhan kelompok rentan termasuk anak-anak dan perempuan, serta peningkatan kesiapsiagaan adalah beberapa di antara kegiatannya.
 
 
Latar Belakang
 
Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) merupakan perwujudan dari amanat keputusan Muktamar Aisyiyah ke 47 di Makassar tahun 2015 di bidang lingkungan hidup dan kebencanaan, yaitu:
  1. Mendukung dan mengusahakan upaya pelestarian lingkungan hidup dan penanggulangan bencana sebagai wujud rasa syukur kepada Allah yang telah menjadikan bumi dan langit beserta isinya.
  2. Mendukung dan mengusahakan upaya pelestarian lingkungan hidup dan penanggulangan bencana dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara, sebagai perwujudan kemuliaan manusia sebagai pemimpin di muka bumi sehingga tercipta budaya melestarikan dan menjaga lingkungan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  3. Melakukan pendampingan dan penyuluhan terhadap wilayah-wilayah yang mengalami perubahan lingkungan parah dan,
  4. Meningkatkan kesadaran hukum dan peran serta masyarakat dan pihak terkait dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup.
  5. Memasyarakatkan Fiqih lingkungan, Fiqih bencana, dan Fiqih air melalui sosialisasi di lingkungan keluarga Muhammadiyah dan Aisyiyah dan amal usahanya, PT, sekolah, dan masyarakat untuk tegaknya tanggap lingkungan dan tanggap bencana.
  6. Pembentukan ADEM (Aisyiyah Disaster Environment Management).

 

Landasan Gerak LLH-PB

Landasan idiil yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan LLH-PB PP Aisyiyah adalah:

  1. Q.S. Al-Baqarah: 30 “Dan ingatlah ketika Allah berfirman kepada Malaikat sesungguhnya Aku akan mengangkat manusia sebagai Khalifah dimuka bumi, apakah engkau akan mengangkat orang yang selalau berbuat kerusakan dan menumpahkan darah,sedangkan kami selalau bertasbih,memujiMu dan mengkuduskan namaMu Allah berfirman “Sungguh aku sangat mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.
  2. Q.S. Ar-Rum: 41 “Telah tampak kerusakan didaratan dan dilautan disebabakan oleh perbuatan tangan manusia,Allah mengehendaki agar mereka merasakan sebagian dari akibat perbuatan mereka agar mereka kembali kejalan yang benar”
  3. Q.S. Al-Qashah: 77 “Dan carilah (pahala) untuk persiapan hidup di Akhirat tapi jangan lupakan nasibmu didunia berbuat baiklah kamu sebagaimana Allah telah berbuat baik bagimu dan janganlah berbuat kerusakan karena Allah tidak suka kepada orang yang berbuat kerusakan”
  4. Q.S. Ar-Rahman: 7-8  Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan. Dan tumbuhan dan pepohonan keduanya tunduk pada Allah,Dan langit telah ditinggikanNya dan Allah menciptakan keseimbangan.Agar kamu tidak merusak keseimbangan itu.
  5. Hadits “Sayangi mahkluk di bumi.kamu akan disayangi makhluk yang dilangit”
  6. Q.S. Al-A’raf: 85 ..... janganlah kamu berbuat kerusakkan di muka bumi setelah diciptakan dengan baik.Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang beriman.

 

Landasan Fungsional

  1. Hasil sidang Tanfiz Muktamar Aisyiyah ke 46 di Yogyakarta tahun 2015.
  2. Hasil sidang rapat Pleno PP Aisyiyah ke 11 bulan September 2015.

 

Dokumen mengenai LLHPB PP 'Aisyiyah dapat diunduh di sini.

Shared Post:
Info Organisasi Terbaru
Berita Terbaru